MD Adalah: Pengertian MD (Merchandiser) dan SPG

MD adalah orang yang bertanggung jawab untuk memeriksa semua produk yang ditanganinya di area atau toko yang ditentukan.

MD adalah orang yang bertanggung jawab untuk memeriksa semua produk yang ditanganinya di area atau toko yang ditentukan.

MD Adalah: Pengertian MD (Merchandiser) dan SPG

MD memiliki tanggung jawab utama yaitu visibilitas atau dalam dunia marketing bisa juga disebut keterlihatan.

Contoh sederhananya adalah ketika kita mencari produk minuman di sebuah toko, MD lah yang memastikan bahwa merek minuman tersebut selalu ada di rak.

Tidak hanya itu, MD juga memastikan bahwa selain ada, produknya juga harus terlihat. Jangan hanya ada di rak, tetapi ditutupi oleh merek lain.

Sales Promotion Girl atau SPG adalah orang yang ditunjuk oleh perusahaan untuk mengarahkan penjualan langsung ke pelanggan di toko.

Fungsi utama SPG adalah menjual produk. Parameter utama mereka adalah berapa banyak produk yang bisa mereka jual.

Perbedaan antara MD (merchandiser) dan SPG (Sales Promotion Girl) biasanya menjadi pertanyaan bagi mereka yang memulai karir di bidang pemasaran atau penjualan.

Sebenarnya, jika Anda pahami lebih dalam, sudah ada dua arti yang berbeda, tetapi mereka sering bingung atau disalahpahami.

Perbedaan MD dan SPG

1. Lokasi area kerja dan jumlah toko

Secara umum, MD biasanya memiliki lebih banyak area atau jumlah toko daripada SPG. Alasannya sangat jelas, yaitu MD tidak terlalu terbebani untuk bisa jualan langsung, sehingga waktu kerjanya lebih banyak digunakan untuk mengunjungi lebih banyak toko.

2. Sasaran atau tujuan kerja

Seperti disebutkan di atas, MD dan SPG sebenarnya memiliki tujuan akhir yang berbeda. MD berfokus pada apa yang disebut visibilitas dan ketersediaan, sementara SPG berfokus pada berapa banyak produk yang dapat mereka jual di toko yang mereka tempati.

3. Struktur organisasi

Pemahaman yang lebih mendalam tentang perbedaan antara MD dan SPG terletak pada struktur dasar pekerjaan mereka. Umumnya untuk produk yang sudah besar atau memiliki jaringan distribusi yang luas hanya memiliki MD di satu wilayah. Secara konseptual, SPG sendiri adalah tim distribusi.

Ada juga istilah yang lebih umum yang mengklasifikasikannya. MD atau merchandiser termasuk dalam struktur tim pemasaran, sedangkan SPG termasuk dalam tim penjualan. Ada juga yang mengatakan, MD adalah bagian dari prinsiple (produsen), dan SPG adalah bagian dari distributor (penjualan).

Persamaan MD dengan SPG

Kesamaan yang paling mendasar adalah memiliki tujuan akhir yang sama, yaitu produk dapat menjangkau konsumen dengan benar dan memuaskan. Artinya, kedua fungsi pekerjaan ini sebenarnya saling berkaitan. Hanya saja konsentrasi kerjanya berbeda.

Masalah yang paling terlihat adalah masalah rotasi pekerjaan. Apa artinya? Padahal, MD sangat identik dengan mobile SPG atau SPG mobile di banyak produk yang belum digunakan oleh dealer. Pindah di sini berarti pergi dari satu toko ke toko lain.

Di sisi lain, ketika MD fokus menangani hanya satu toko, mereka juga bisa menjadi SPG. Suka atau tidak suka, ketika mereka fokus pada sebuah toko, mereka juga akan berpartisipasi dalam kegiatan penjualan atau penjualan langsung.

SPG dan MD sangat fleksibel dalam hal meja kerja, asalkan perusahaan tidak memiliki struktur organisasi yang kompleks. Namun, jika Anda sudah mulai fokus membagi area pemasaran dan penjualan, maka kedua fungsi ini harus dibagi dengan jelas.