Resiko dan Keuntungan Bermain Trading

Trading itu memiliki resiko yang tinggi, sebaiknya pahami betul informasi tentang trading sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia trading.
Resiko dan Keuntungan Bermain Trading

Sebelum ke inti pembahasan, saya akan menjelaskan apa itu trading terlebih dahulu.

Apa itu trading?

Trading adalah aktivitas membeli dan menjual instrumen investasi dalam jangka waktu dekat.

Aktivitas ini sama dengan aktivitas perdagangan, namun dalam hal ini transaksi dilakukan dalam waktu yang singkat dan memberikan keuntungan yang cukup besar.

Tidak semua orang paham tentang ilmu trading, ada hal-hal yang harus di pelajari agar tidak salah langkah dalam mengambil keputusan agar mendapatkan keuntungan.

Jika orang minim informasi atau pengetahuan mencoba ikut-ikutan trading yang ada bisa merugi.

Trading itu memiliki resiko yang tinggi, sebaiknya pahami betul informasi tentang trading sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia trading.

Keuntungan Bermain Trading

1. Fleksibel

Trading dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun selama masih ada koneksi internet. Hal itu yang membuat orang tertarik untuk mencobanya.

Bermain trading bisa dilakukan di sela-sela kesibukan tanpa mengganggu prioritas lainnya.

2. Praktis

Perkembangan teknologi membuat aktivitas trading semakin praktis, karena trader hanya dengan menggunakan smartphone untuk mengakses broker trading secara online.

Selain itu juga dilengkapi dengan BOT atau syarat perdagangan otomatis lainnya, sehingga sangat mudah digunakan.

3. Sebagai Pekerjaan Sampingan

Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan, maka tentunya Anda harus memiliki pekerjaan sampingan.

Jika Anda bingung karena tidak punya ide atau pekerjaan sampingan, maka kegiatan ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Namun, sebelum memasuki dunia trading, yang terbaik adalah mempelajari dan memahami cara kerjanya.

4. Modal Kecil

Trading dapat dilakukan dengan modal kecil untuk pemula. Sebagian besar broker trading online tidak meminta biaya pendaftaran, alias gratis.

Dengan biaya yang relatif murah dan terjangkau, Anda dapat memulai aktivitas trading dan menikmati berbagai fitur yang disediakan dalam aplikasi.

Pastikan memilih broker trading online yang terpercaya dan aman.

5. Bisa Menggunakan Akun Demo untuk Latihan

Sebagai pemula, Anda pasti takut kehilangan uang atau rugi karena trading. Nah, sebagian besar aplikasi trading online menyediakan akun demo.

Akun demo gunanya untuk latihan sebelum terjun langsung ke dunia trading.

Akun demo menyediakan sejumlah uang (saldo) untuk latihan trading, ini bisa Anda manfaatkan untuk menganalisa dan menerapkan strategi yang Anda pelajari sebelumnya.

Resiko Bermain Trading

1. Salah Pilih Broker

Sebagai pemula saat memilih broker online sebaiknya hati-hati, jangan mudah tergiur dengan keunggulan yang ditawarkan.

Anda harus bijak melihat ulasan dari pengguna lainnya, jika banyak yang memberikan ulasan negatif sudah dipasti broker online itu tidak terpercaya dan tidak aman.

2. Deposit Besar

Trading sebenarnya sangat berisiko, dengan pemikiran tersebut, trader harus memiliki wawasan atau pengetahuan, dan memahami cara melakukan transaksi online, serta dapat menerapkan strategi untuk mendapatkan keuntungan dan menghindari kerugian.

Akan tetapi, jika trader tidak memahami berbagai situasi dalam dunia trading, hal tersebut dapat menyebabkan kerugian, terutama jika trader mendepositkan dalam jumlah besar.

Jadi kesimpulannya adalah trading merupakan kegiatan yang dapat dilakukan saat waktu senggang untuk memperoleh keuntungan.

Namun tetap harus berhati-hati saat melakukan trading agar tidak mengalami rugi besar.