Dispatcher Adalah: Pengertian dan Tugas Dispatcher

Dispatcher adalah orang yang memiliki tanggung jawab dan tugas untuk mengelola objek tertentu. Di Indonesia, gaji rata-rata untuk seorang dispatcher
Dispatcher Adalah: Pengertian dan Tugas Dispatcher

Dispatcher adalah orang yang memiliki tanggung jawab dan tugas untuk mengelola objek tertentu. Jika Anda pernah naik kereta api, di setiap stasiun Anda akan menemukan pos Dispatcher kereta api, yang berarti pos ini adalah tempat orang mengatur lalu lintas kereta api agar aman dan lancar.

Seperti halnya badan usaha milik negara yang menyediakan layanan listrik, ada juga posisi operator listrik. Dispatcher listrik adalah orang yang mengatur lalu lintas listrik dalam sistem kelistrikan.

Secara umum ada dua jenis dispatcher listrik, yaitu dispatcher sistem transmisi dan dispatcher sistem distribusi. Kedua jenis dispatcher ini memiliki tugas yang berbeda. Dispatcher transmisi bertanggung jawab untuk menghubungkan pembangkit listrik ke distribusi, sedangkan dispatcher sistem distribusi bertindak sebagai penghubung bagi konsumen PLN, termasuk konsumen industri dan rumah tangga.

Dispatcher umumnya menerapkan sistem shift, dengan shift pagi, siang dan malam. Dispatcher merupakan aset negara yang harus dihargai karena di tangan mereka kesinambungan listrik ke konsumen diatur.

Tugas Dispatcher

Tugas dispatcher adalah memecahkan masalah yang muncul dalam perencanaan operasional sehari-hari. Beberapa masalah yang dapat terjadi antara lain gangguan sistem (gangguan sebagian dan gangguan total/padam). Jika terjadi gangguan skala penuh, petugas operator harus melakukan beberapa fase pemulihan, termasuk:

1. Melakukan Black Start Unit Pembangkit

2. Mengirimkan tegangan (backfeeding) ke Unit Pembangkit/Gardu Induk

3. Sistem jaringan dipulihkan dengan memuat gardu secara bertahap sesuai dengan penggunaan genset yang beroperasi. Berhasil atau tidaknya proses sepenuhnya terserah operator kru

4. Genset disuplai dengan tegangan dan sistem dipulihkan melalui langkah-langkah pembebanan bertahap sehingga membentuk subsistem kecil, yang kemudian dirakit dengan subsistem kecil lainnya untuk membentuk sistem yang saling berhubungan secara lengkap. Hal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab operator yang akan dibantu oleh operator gardu induk.

Deskripsi Pekerjaan

  • Memastikan semua kendaraan dan pengemudinya dalam keadaan siap untuk beroperasi.
  • Tanggung jawabnya juga termasuk memantau kondisi kendaraan dan meminta mekanik melakukan perbaikan jika diperlukan.
  • Merancang jadwal kendaraan dan rute perjalanan sesuai kebutuhan.
  • Gunakan radio, GPS, dll. untuk memerintahkan pengemudi dan kendaraan pergi ke tempat yang mereka inginkan.
  • Membuat laporan dan penilaian aktivitas perjalanan pulang pergi pengemudi dan kendaraan.

Kemampuan yang dibutuhkan

  • Memberikan pelayanan: Memahami kebutuhan pelanggan akan fasilitas transportasi yang disediakan.
  • Mengelola dan memimpin orang lain.
  • Kemampuan untuk memecahkan masalah secara efektif.
  • Tipe Kepribadian Holland Codes: Konvensional

Pendidikan yang dibutuhkan

Diploma jurusan Transportasi. Biasanya perusahaan lebih memilih untuk menerima orang yang memiliki pengalaman minimal 1 tahun di bidang dispatcher. Ada juga perusahaan yang menerima fresh graduate lulusan D-3/S1 semua jurusan, seperti Blue Bird.

Pengetahuan Yang Dibutuhkan Untuk Pengembangan:

  • Berkomunikasi secara efektif secara lisan, tertulis, atau menggunakan alat telekomunikasi seperti radio, komputer, GPS, dll.
  • Kemampuan administratif untuk menyimpan data dan menghasilkan laporan.
  • Aturan keselamatan transportasi umum.

Gaji Seorang Dispatcher

Di Indonesia, gaji rata-rata untuk seorang dispatcher adalah Rp 3.340.499 per bulan.

Demikian informasi tentang deskripsi pekerjaan dispatcher. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.