Shopkeeper Adalah: Tugas dan Tanggung Jawab Shopkeeper

Shopkeeper jika diartikan adalah penjaga toko. Shopkeeper berarti semacam pekerjaan untuk menjaga sebuah toko. Berikut ini tugas dan tanggung jawab
Shopkeeper Adalah Tugas dan Tanggung Jawab Shopkeeper

Pernahkah Anda mendengar kata shopkeeper? Mungkin sebagian orang masih bingung shopkeeper artinya apa?

Shopkeeper jika diartikan adalah penjaga toko. Shopkeeper berarti semacam pekerjaan untuk menjaga sebuah toko.

Mereka yang melakukan pekerjaan ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Berikut ini tugas dan tanggung jawab menjadi seorang shopkeeper (penjaga toko)

Tugas dan Tanggung Jawab Shopkeeper

  • Menjawab panggilan dan menjawab pertanyaan pelanggan melalui telepon yang disediakan oleh toko.
  • Menyambut pelanggan dengan ramah dan sopan.
  • Memberikan informasi dan penawaran tentang program promosi toko yang ada.
  • Menerima surat atau informasi dan meneruskannya ke departemen terkait sesuai dengan tujuan surat.
  • Memberikan pelayanan yang cerdas, cepat dan tanggap kepada pelanggan.
  • Jaga agar area kerja aman dan bersih.
  • Menangani setiap keluhan pelanggan dengan memberikan jawaban dan solusi yang baik jika diminta oleh pelanggan.
  • Melakukan transaksi penjualan di toko.
  • Jelaskan kepada konsumen produk apa yang dijual toko tersebut atau jika ada promosi yang menarik
  • Mengatur produk untuk dijual di toko

Jika yang kami jelaskan diatas terlalu singkat, di bawah ini kami jelaskan lebih lengkap lagi tentang tugas dan tanggung jawab shopkeeper.

1. Menyambut Konsumen Yang Datang

Hal pertama yang sering diabaikan oleh shopkeeper yang sudah lama berada di toko ini biasanya yang satu ini. Menyambut konsumen sudah selayaknya dan semanis sapaan, biasanya konsumen merasa nyaman, dan merupakan first touch pembeli.

Sambutan yang ramah, sopan dan murah senyum akan membuat pembeli merasa bahwa kehadirannya berharga. Oleh karena itu, hal ini biasanya diabaikan oleh beberapa shopkeeper. Juga, ketika seorang pembeli mencoba menanyakan sesuatu untuk dibeli, bersikaplah ramah dan kemudian menjawab dengan sopan.

2. Memberikan Informasi Diskon Produk

Tugas kedua adalah memberikan informasi tentang promosi yang berlaku pada toko. Misalnya, jika ada promosi untuk beras atau minyak, penjaga toko harus memberikan informasi agar pembeli dapat memilih dan mengizinkan mereka untuk membeli barang lain yang tidak ingin mereka beli pada saat itu.

Tentunya cara ini merupakan cara yang efektif untuk membuat pembeli membeli lebih banyak di toko Anda. Tidak hanya informasi promosi, tetapi informasi penting lainnya adalah apa yang konsumen ketahui sebanyak mungkin saat berbelanja. Ini memang salah satu tugas penting.

3. Melayani Konsumen Melalui Toko

Melayani konsumen melalui telepon. Tidak semua toko menggunakan telepon untuk proses jual beli, namun beberapa toko menggunakan alat ini sebagai tempat untuk memudahkan pembeli memesan melalui telepon meskipun tidak bisa ke toko.

Dengan ponsel ini, biasanya pembeli akan melakukan pemesanan, yang kemudian akan diantar langsung ke alamat yang diberikan oleh konsumen. Nah, jika demikian, tentu akan memudahkan pembeli bukan? Apalagi jika toko sedang ramai, pemesanan melalui telepon tidak akan menyebabkan antrian panjang dan pembeli tidak perlu menunggu terlalu lama.

4. Memberikan Pelayanan Maksimal

Bersikap baik, bijaksana, sopan, tanggap, dan memberikan respon yang baik merupakan bentuk pelayanan shopkeeper terhadap pembeli toko. Sikap ini harus dipertahankan agar pembeli menjadi pelanggan tetap di toko.

Jika sebelumnya adalah panggilan telepon, sekarang adalah tatap muka. Seperti dikatakan di atas, shopkeeper harus mengetahui dan memahami isi toko. Jadi ketika pelanggan bertanya, shopkeeper bisa menjawab.

Orang dahulu sering mengatakan bahwa pembeli adalah raja. Oleh karena itu, perlu memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen semaksimal mungkin. apa kamu setuju?

5. Menjaga Kebersihan Toko

Selanjutnya adalah menjaga keamanan dan kebersihan toko. Jika toko sudah memiliki satpam keamanan yang membantu melindungi toko, shopkeeper hanya membantu melindungi satu sama lain, seperti persediaan barang, dll.

Jika tidak ada satpam di dalam toko, maka semua karyawan termasuk shopkeeper harus terlibat dalam pengamanan toko. Selain menjaga toko, menjaga kebersihan toko juga penting, karena kebersihan merupakan faktor utama bagi pembeli. Siapa yang akan tertarik dengan toko kami jika itu kotor?

Pembeli tidak akan datang, tetapi akan menghindari toko seperti itu. Karena kebersihan adalah bagian dari iman, betapa pentingnya menjaga kebersihan toko walaupun kita bukan pemilik atau petugasnya.

Oleh karena itu, keamanan di dalam toko merupakan hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan oleh shopkeeper, termasuk yang dapat dibebankan kepada pemilik toko sebagai suatu tanggung jawab.

6. Menjawab Pertanyaan Konsumen

Pemilik toko harus merespon dengan cepat pertanyaan konsumen. Mengapa? Dengan begitu pembeli tidak perlu menunggu lama dan bingung mau bertanya apa. Jadi dengan cara ini toko yang ingin Anda rawat akan terkesan dengan layanan dan kualitas yang ditawarkan oleh pemilik atau staf lainnya.

Penjaga toko mencoba yang terbaik untuk menjawab agar tidak menimbulkan kebingungan untuk waktu yang lama.

7. Menerima Informasi

Terkadang, sebagai shopkeeper, informasi atau surat penting tentang berbagai kepentingan toko, penjualan, dll dikirim ke toko.

Nah, ini adalah hal yang sangat penting. Karena pemiliknya tidak akan berada di toko sepanjang waktu. Hal-hal penting seperti ini biasanya tiba di beberapa titik. Nah, maka tidak akan ada pekerjaan toko yang panjang, dll.

Nah, itulah ulasan tentang apa itu shopkeeper, dimulai dari pengertian, tugas dan tanggung jawab. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi kalian semua. Jika apa yang kami komunikasikan dirasa bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman anda agar dapat membantu menambah pengetahuan.