Staf Back Office Adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Staf back office adalah posisi dalam perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola pelaporan pemasaran/penjualan, dan untuk pelaporan keuangan ata
Staf Back Office Adalah Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Staf back office adalah posisi dalam perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola pelaporan pemasaran/penjualan, dan untuk pelaporan keuangan atau urusan administrasi.

Staf Back office merupakan salah satu posisi penting dalam sebuah perusahaan, posisi ini sangat strategis untuk kegiatan di dalam perusahaan, karena kami membutuhkan tenaga profesional dengan skill yang sangat baik.

Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas utama staf back office bertanggung jawab untuk menangani laporan penjualan atau pemasaran, masalah keuangan dan administrasi, tetapi tidak secara langsung untuk klien atau konsumen.

Secara lebih rinci, tugas utama staf back office adalah sebagai berikut:

  • Memberikan laporan yang sudah tersaji lengkap dengan menggunakan komputer lewat software khusus.
  • Memproses transaksi utang piutang
  • Bertanggung jawab untuk memeriksa dan mengganti barang-barang yang kurang laku.
  • Bertanggung jawab untuk melaksanakan pesanan dari pemasok;
  • Bertanggung jawab untuk memeriksa pengiriman yang kedaluwarsa;
  • Tanggung jawab untuk pemeriksaan persediaan pada barang-barang yang hampir habis.

Itulah tugas utama dari Staf Back Office. Untuk bisa menempati posisi back office ini, maka harus memiliki kemampuan sebagai berikut.

Kemampuan yang harus dimiliki

  • Mampu mengoperasikan komputer (Microsoft word, excel, point)
  • Keterampilan komunikasi yang baik.

Selain beberapa keterampilan yang harus dimiliki di atas, untuk dapat bekerja sebagai staf back office, Anda juga harus memiliki latar belakang pendidikan minimal lulusan diploma. Namun tentunya untuk jenjang pendidikan ini menyesuaikan dengan kebijakan perusahaan yang bersangkutan.

Oleh karena itu, biasanya untuk posisi back office, pencari kerja dengan latar belakang pendidikan minimal lulusan diploma membutuhkannya.

Gaji

Untuk gaji pegawai back office rata-rata perbulan bisa mencapai Rp. 2.000.000,- sampai dengan Rp. 3.000.000,-. Tentu saja, itu juga tergantung pada kebijakan perusahaan terkait dan negosiasi Anda.

Jadi mengenai jenjang karir Staff Back Office tentunya tergantung dari kebijakan perusahaan nantinya, namun karir anda bisa dimulai dari posisi ini, siapa tahu karir anda di perusahaan bisa berkembang kedepannya, karena pengembangan karir tidak hanya terkait dengan posisi Anda di mana terkait Pekerjaan, ada banyak faktor lain seperti kinerja yang baik dan loyalitas kepada perusahaan yang terlibat.

Itulah pengertian tentang staf back office. Apakah teman-teman tertarik untuk menempati posisi ini?