Strategi Memulai Usaha Pet Shop Yang Baik

Strategi memulai bisnis pet store sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis bisnis lainnya. Bedanya, bisnis pet store melibatkan tenaga ahli di bidan
8 Strategi Memulai Usaha Pet Shop yang Menguntungkan

Apakah tetangga Anda memiliki hobi memelihara hewan peliharaan? Atau apakah Anda seorang penyayang binatang? Tertarik berbisnis di bidang ini? Tahun demi tahun, bisnis jasa hewan ini sepertinya tidak pernah mati.

Nama Pet Shop sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti Toko Hewan Peliharaan. Toko hewan peliharaan biasanya menyediakan perawatan kesehatan, kebersihan, dan penitipan hewan peliharaan sementara.

Tak hanya itu, toko hewan peliharaan juga menyediakan stok makanan hewan peliharaan yang lengkap. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan strategi memulai bisnis toko hewan peliharaan, maka artikel ini adalah tempat yang tepat.

Strategi Membangun Usaha Pet Shop

Strategi memulai bisnis pet store sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis bisnis lainnya. Bedanya, bisnis pet store melibatkan tenaga ahli di bidang kesehatan dan perawatan hewan.

Di bawah ini adalah ulasan yang komprehensif dan rinci tentang strategi bisnis untuk memulai toko hewan peliharaan:

1. Riset Kebutuhan Konsumen

Sebagai seorang pemula, tidak mungkin bisnis pet store bisa langsung besar. Apalagi jika Anda memulai bisnis dari nol dengan modal pas-pasan. Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa memberikan layanan hebat dengan riset sederhana.

Pada awalnya, sediakan kebutuhan yang paling dibutuhkan oleh sebagian besar pemilik hewan peliharaan. Contohnya termasuk makanan kucing atau anjing dan layanan kebersihan/kesehatan.

Seiring waktu, semakin banyak konsumen dapat menambahkan layanan toko hewan peliharaan yang lebih lengkap. Misalnya jasa jual beli hewan peliharaan, aksesoris, modifikasi kandang, dll.

2. Pilih Lokasi Strategis

Setelah Anda memahami apa yang dijual pet store, langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah memilih lokasi yang strategis. Titik strategis harus menjadi tujuan banyak pengusaha, sehingga langkah ini harus diprioritaskan.

Beberapa referensi lokasi strategis ada di pusat kota, pusat perbelanjaan, sekitar jalan raya, jalur provinsi, atau dekat lampu merah. Jangan lupa untuk memasang tanda besar di teras toko agar konsumen dapat menemukan Anda.

3. Pelayanan Hewan Harus di Tangan yang Ahli

Strategi memulai bisnis pet store menjadi tantangan tersendiri. Toko hewan peliharaan pada dasarnya bukan hanya toko hewan peliharaan, tetapi juga berfungsi sebagai klinik hewan.

Seperti halnya manusia, perawatan medis untuk hewan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Oleh karena itu, memilih karyawan yang memiliki pengalaman merawat hewan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik toko hewan peliharaan.

4. Selalu Jaga Kebersihan Pet Shop

Jika kita membahas berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membuka toko hewan peliharaan, kita akan berurusan dengan biaya penyediaan barang dan biaya operasi. Tidak ada keraguan bahwa biaya operasional toko hewan peliharaan cukup tinggi dan membuat stres dibandingkan dengan bisnis lain.

Salah satu sumber biaya operasional adalah kebersihan setiap ruangan di pet store. Meski berisi makanan dan hewan, pet store harus tetap nyaman dan harum bagi pengunjung.

Menjaga kebersihannya secara tidak langsung merupakan nilai plus yang akan membuat konsumen tertarik untuk menitipkan hewan kesayangannya kepada Anda.

5. Bangun Popularitas Pet Shop di Media Sosial

Selain keterampilan promosi langsung, membangun kehadiran yang baik di media sosial juga merupakan strategi untuk memulai bisnis toko hewan peliharaan yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda dapat menjalankan strategi ini dengan membuat akun media sosial dan menjalankan promosi berbayar.

Platform media sosial terbaru menawarkan fasilitas iklan berbayar untuk pemilik bisnis. Biaya promosi langsung di platform ini terjangkau bagi pengusaha pemula.

6. Buat Forum Pecinta Hewan Secara Daring

Apakah Anda sudah tahu istilah soft selling?

Soft selling adalah teknik penjualan samar yang terkadang tidak terduga oleh konsumen. Tapi jangan ragukan dampaknya, teknik ini terbukti ampuh dan sudah dipraktekkan oleh berbagai pemilik usaha.

Salah satu teknik pemasaran halus yang dapat digunakan oleh pemilik toko hewan peliharaan atau pemilik bisnis makanan kucing adalah dengan membuat forum untuk pecinta hewan. Dengan demikian, Anda secara tidak langsung terhubung dengan pelanggan potensial.

Saat ini, forum seperti ini lebih banyak terjadi di Facebook. Semakin banyak anggota dalam grup Anda, semakin baik peluang Anda untuk mendapatkan penjualan.

7. Berikan Edukasi untuk Pemilik Hewan Peliharaan Sekitar

Masih terkait dengan dua poin pertama, cara lain untuk meningkatkan minat konsumen adalah dengan membagikan konten edukasi tentang hewan peliharaan.

Selain sebagai perbuatan mulia (berbagi ilmu secara gratis), Anda juga bisa meyakinkan calon pelanggan akan kemampuan pet store Anda.

Tentu saja, konsumen akan tahu bahwa Anda adalah ahli hewan dan memperlakukan hewan peliharaan mereka dengan baik.

Anda dapat mempraktekkan langkah ini hari ini dan melihat bahwa masa depan bisnis toko hewan peliharaan Anda semakin cerah.

8. Mencari Supplier Produk Hewan Berkualitas

Bagian terakhir dari strategi untuk memulai bisnis toko hewan peliharaan adalah memilih pemasok dan distributor toko hewan peliharaan yang tepat. Kata yang tepat disini tentu saja harga terbaik untuk kualitas produk terbaik.

Menjaga kualitas adalah aset penting, sehingga pelanggan Anda enggan pindah ke tempat lain. Memiliki banyak pemasok untuk menjaga stok tersedia bahkan tidak menjadi masalah.

Oleh karena itu, Anda bisa mempraktikkan 8 poin strategis penting untuk memulai bisnis pet store. Selama Anda terus mempraktikkan teknik di atas, bisnis toko hewan peliharaan Anda bisa maju dengan cepat.