Contoh Testimoni dan Cara Mendapatkan Testimoni Pelanggan

Testimoni adalah pernyataan yang dibuat oleh seorang konsumen tentang pengalamannya ketika melakukan transaksi jual beli dengan seorang penjual.

Dalam dunia bisnis, terutama yang berkaitan dengan kampanye pemasaran, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah "testimoni". Ya, testimoni adalah suatu bentuk pernyataan yang dibuat konsumen tentang suatu produk yang telah mereka konsumsi atau gunakan. Klaim ini setara dengan membuktikan secara jujur bahwa mereka puas dengan produk tersebut.

Contoh Testimoni dan Cara Mendapatkan Testimoni Pelanggan

Dari penjelasan di atas secara sepintas dapat disimpulkan bahwa testimoni memegang peranan yang cukup penting dalam bisnis. Bagaimana ini terjadi? Dari pernyataan konsumen tersebut, kepuasan mereka terhadap produk secara otomatis mempengaruhi penilaian calon konsumen lain yang ingin mencoba produk tersebut.

Seiring berkembangnya teknologi, contoh yang testimoni sering kali dapat ditemukan di marketplace atau toko online. Seringkali, pembeli diminta untuk memberikan testimoni atas produk yang mereka beli.

Testimoni ini dapat berupa penilaian terhadap bentuk fisik, aroma, khasiat, atau kegunaan produk. Bisa juga sebagai evaluasi konsumen terhadap pelayanan penjual. Mulai dari interaksi konsumen, layanan pengiriman, hingga layanan purna jual atau menanggapi keluhan yang mungkin muncul.

Pengertian testimoni adalah

Seperti yang telah dijelaskan secara singkat di awal, testimoni adalah pernyataan yang dibuat oleh seorang konsumen tentang pengalamannya ketika melakukan transaksi jual beli dengan seorang penjual.

Pernyataan ini merupakan bukti kejujuran dan publisitas dan tidak dimaksudkan untuk secara sengaja menciptakan kesan negatif terhadap produk atau untuk keuntungan pribadi.

Sejak awal, para pebisnis telah menggunakan testimoni sebagai bahan evaluasi untuk menilai produk atau jasa yang mereka tawarkan. Hingga saat ini, ketika aktivitas jual beli didominasi oleh bisnis online, testimoni tetap penting.

Buktinya jika Anda berbelanja di marketplace, saat transaksi selesai atau produk sudah diterima, akan muncul bilah testimoni sebagai media pernyataan tentang transaksi yang Anda lakukan. Biasanya kamu juga akan diminta untuk memberikan rate dalam bentuk bintang. Satu bintang berarti banyak komplain atau kurang puas, sampai bintang lima sangat senang dengan segala sesuatu yang ada di transaksi.

Pada akhirnya, testimoni adalah sesuatu yang berjalan seiring dengan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan memiliki dampak yang besar dalam bidang pemasaran suatu perusahaan. Jadi jelas sekali manfaat dari testimoni ini sangat besar untuk keberlangsungan bisnis.

Manfaat testimoni

Untuk keberlangsungan bisnis, testimoni tersebut tidak bisa dianggap remeh. Dalam hal ini, pelaku bisnis atau penjual bisa langsung merasakan beberapa manfaat dari testimoni, antara lain:

Berguna untuk Memberikan Kepercayaan pada Calon Konsumen

Manfaat pertama dari testimoni adalah memberi calon pelanggan rasa percaya pada produk. Testimoni baik yang diberikan oleh konsumen secara otomatis mempengaruhi pola pikir dan emosi calon konsumen atau orang yang baru mengenal produk tersebut.

Manfaat testimoni yang baik dapat meningkatkan kepercayaan orang terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan. Kepercayaan dari konsumen dan calon konsumen merupakan faktor penting dalam perkembangan bisnis.

Untuk bahan evaluasi bisnis

Testimoni yang jujur dari konsumen akan memungkinkan Anda untuk melihat kekuatan dan kelemahan bisnis Anda melalui kacamata orang lain. Dari sini, penilaian bisnis bisa dilakukan.

Anda dapat menganggap apa yang dikeluhkan konsumen sebagai kekurangan yang perlu segera diperbaiki, dan hal-hal baik yang mereka hasilkan sebagai kekuatan yang perlu Anda pertahankan atau bahkan tingkatkan.

Jika suatu saat Anda menerima pesan atau kesan negatif dari konsumen, jangan takut karena itu artinya sudah saatnya Anda melakukan perbaikan agar bisnis Anda berjalan lebih baik.

Untuk dijadikan sebagai media pemasaran

Bisa dikatakan testimoni adalah media pemasaran yang didapatkan penjual secara gratis. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan konsumen yang telah dibahas sebelumnya.

Kita semua tahu bahwa jika seorang konsumen puas dengan suatu produk, mereka akan membagikannya secara sukarela. Entah tulis di kolom testimoni, atau gunakan kekuatan word of mouth alias dari mulut ke mulut. Jika demikian, pemasaran otomatis bekerja dengan baik. Anda bahkan tidak perlu memikirkan biaya atau materi media promosi.

Sebagai customer reward

Bagaimana testimoni dapat diklasifikasikan sebagai bentuk penghargaan pelanggan? Tentu saja saya bisa. Sifat manusia yang suka melihat atau menghargai apa yang mereka lakukan berperan di dalamnya.

Misalnya, ketika konsumen memberikan testimoni tertulis di marketplace dan Anda merespons dengan baik sebagai penjual, mereka merasa dihargai dan pendapat mereka dihargai. Konsumen yang merasa memiliki review yang baik secara otomatis akan menjadi konsumen setia bisnis Anda.

Contoh Testimoni

Saat Anda membuka iklan produk di marketplace, Anda mungkin menemukan banyak contoh testimoni produk. Berikut beberapa contohnya.

Testimoni Lisa setelah membeli sepasang sandal wanita hak tinggi di toko online.

Lisa menulis: "Sandal itu ternyata bagus, meskipun harganya relatif murah di bawah 100.000. Ketika saya mencobanya, tumitnya juga kuat. Sepertinya saya akan memesan lagi."

Testimoni juga bisa diberikan ke nomor penjual di chat WhatsApp, misalnya Ani membeli produk krim malam di toko online dan ingin memberikan testimoni singkat.

Ani mengirim SMS yang isinya, “Kak, paketnya sudah sampai dan aman. Pas dibuka ternyata asli, dan ada barcodenya di boxnya. Nanti dicoba, semoga cocok . Terima kasih."

Contoh testimoni ini sering disertai dengan foto produk yang dibeli agar konsumen lain dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang produk tersebut.

Cara mendapatkan testimoni pelanggan

Dari semua penjelasan di atas, Anda mungkin akhirnya bertanya-tanya, bagaimana cara mendapatkan testimoni pelanggan yang puas? Ya, testimoni juga bisa datang dalam bentuk review negatif, tugas Anda sebagai penjual adalah memikirkan bagaimana cara mendapatkan testimoni yang muncul di review positif.

Cara untuk mendapatkan testimoni, yaitu:

Aktif Berkomunikasi dan Berinteraksi dengan Konsumen

Bisnis yang baik bukan hanya bisnis yang dapat memberikan produk atau layanan terbaik kepada konsumen. Tapi siapa juga yang bisa memberikan komunikasi dan interaksi yang baik.

Banyak yang bisa dilakukan dalam hal ini, mulai dari mengirim pesan kepada konsumen yang telah bertransaksi secara langsung dan menanyakan kesediaan mereka untuk memberikan testimoni, merespon dengan cepat apa pun yang dilakukan konsumen, dan membalas pesan langsung yang mereka kirimkan jika perlu atau email.

Menghargai Testimoni Konsumen

Menghargai di sini tidak hanya berarti tanggapan yang baik terhadap testimoni yang baik, tetapi juga testimoni yang negatif.

Cobalah untuk tidak membalas komentar negatif mereka dengan jawaban negatif. Hal ini dapat meninggalkan kesan buruk pada bisnis Anda.

Usahakan untuk Aktif di Media Sosial

Karena sebagian besar aktivitas jual beli saat ini dilakukan secara online, Anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk aktif di media sosial. Hal ini penting karena banyak orang juga suka mengupdate pengalaman atau perasaannya di akun media sosial.

Dengan cara ini, Anda dapat memahami bagaimana perasaan mereka saat melakukan transaksi, dan bagaimana produk tersebut memengaruhi kehidupan sehari-hari mereka. Ingat, interaksi yang baik dengan konsumen akan memudahkan Anda untuk memperluas pasar dan meluncurkan strategi bisnis Anda.

Kesimpulan

Testimoni adalah suatu bentuk pernyataan atau kesaksian konsumen tentang suatu transaksi yang mereka lakukan dengan seorang penjual. Pernyataan ini jujur dan terbuka untuk umum, dan penjual harus siap menerima testimoni dalam bentuk apa pun.

Secara otomatis, testimoni berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan. Pelanggan atau konsumen yang merasa puas dengan transaksi yang dilakukan, produk yang diperoleh, akan memberikan ulasan dan kesan yang positif dan menjadi pelanggan yang loyal.

Sebagai seorang pebisnis, apa yang bisa Anda lakukan untuk menghargai apa yang dilakukan pelanggan setia Anda? Ya, itu bisa dicapai dengan memberikan reward kepada pelanggan.

Sebelum memberikan reward kepada pelanggan ini, Anda tentu perlu mengetahui konsumen mana yang memberikan testimoni baik tentang produk dan bisnis Anda. Di sinilah fungsi pencatatan data konsumen diperlukan. Namun bagaimana jika selama ini Anda tidak menyempatkan atau tidak sempat mencatat?

Jika hal ini terjadi, Anda memerlukan bantuan aplikasi manajemen bisnis seperti majoo. majoo menyediakan aplikasi CRM yang dapat membantu Anda mengelola data konsumen, mulai dari pencatatan data lengkap seperti alamat, tanggal lahir dan nomor handphone, serta history transaksi yang telah mereka lakukan.

Dengan melihat profil pembelian pelanggan Anda, Anda dapat membedakan mana yang setia dan mana yang tidak. Setelah itu, Anda dapat dengan mudah menghadiahi mereka. Menarik, bukan? Berlangganan majoo sekarang, ayo!