Panduan Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

Tahukah Anda mengapa TikTok begitu populer saat ini? Bukan hanya untuk bersenang-senang, ada beberapa cara menghasilkan uang dari TikTok.

Tahukah Anda mengapa TikTok begitu populer saat ini? Bukan hanya untuk bersenang-senang, ada beberapa cara menghasilkan uang dari TikTok.

Dari muda hingga paruh baya, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan keberadaan TikTok. Ini terjadi di seluruh dunia!

Itu karena pengguna TikTok dapat memanfaatkan platform ini untuk menghasilkan uang. Tanpa ragu, ada sembilan cara yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang dari TikTok.

Berminat? Pelajari lebih lanjut di artikel ini.

Apa itu tiktok?

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

TikTok adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna merekam video pendek dengan musik.

Aplikasi video pendek, awalnya bernama Douyin, diluncurkan pada 2016 oleh perusahaan China ByteDance. Hanya dalam satu tahun, Douyin memiliki sekitar 100 juta pengguna di China.

Menyusul kesuksesannya, aplikasi tersebut berganti nama menjadi TikTok. Tujuannya agar lebih diterima oleh pangsa pasar global.

Dan usahanya berhasil. TikTok saat ini memiliki sekitar 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, TikTok awalnya diremehkan, ditandai sebagai aplikasi alay, dan bahkan diblokir oleh Kominfo pada 2018.

Namun, dari pandemi hingga sekarang, TikTok bersinar. Tidak ada keraguan bahwa pengguna TikTok di Indonesia melampaui angka 22,2 juta pada Agustus 2020!

Inilah salah satu alasan mengapa TikTok semakin populer, peluang menghasilkan uang dari TikTok sangat besar!

Cara mendapatkan uang dari tiktok

Tidak seperti YouTube, yang menggunakan AdSense, TikTok tidak membayar untuk setiap iklan yang ditempatkan di akun pengguna.

Jadi, bagaimana Anda menghasilkan uang di TikTok? Apakah Tiktok menghasilkan uang?

Bagi yang memiliki brand, akun pribadi, atau bahkan pemula, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghasilkan uang dari TikTok, yaitu:

1. Sponsored Content Post

Posting Konten Bersponsor adalah Anda sebagai influencer TikTok yang mempromosikan merek tertentu.

Biasanya, agensi atau merek melihat jumlah pengikut, suka, dan penayangan video untuk mengukur keterlibatan pembuat konten di TikTok.

Dari sana, Anda dapat melihat apakah pengikut Anda cocok, alias target pasar untuk merek Anda.

Bisa dibilang ini adalah cara paling cocok untuk menghasilkan uang dari TikTok bagi mereka yang sudah memiliki ribuan pengikut atau lebih. Karena itu, sebelum Anda menerima tawaran untuk memposting konten bersponsor, Anda harus mencoba menaikkan pengikut Anda di TikTok.

Ada beberapa cara agar followers di TikTok meningkat, yaitu:

  • Menemukan niche konten;
  • Mengupload video yang menarik, edit video Anda sebelum di post;
  • Konsisten atau terjadwal;
  • Optimasi profile TikTok;
  • Mengikuti challenge viral;
  • Kolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya;
  • Upload konten Anda ke media sosial lain, seperti Instagram, Facebook, dll;
  • Upload di jam prime time

Poin-poin di atas akan kami ulas lebih detail di bagian tips monetisasi TikTok. Jadi, baca sampai akhir.

2. Donasi atau Payout Coins

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari TikTok ketika pengikut Anda banyak. Salah satunya adalah "donasi" dari penggemar Anda saat Anda melakukan streaming langsung di TikTok.

Konsepnya hampir sama dengan platform Twitch atau Likee. Selama siaran langsung, TikTok memungkinkan pemirsa untuk mengirim stiker hadiah yang nantinya dapat ditukarkan dengan uang.

Biasanya, stiker ini hanya dikirim oleh pemirsa untuk berterima kasih kepada pembuat konten atas upaya mereka untuk membuat konten TikTok. Jadi, cobalah buat konten yang bermanfaat, ya!

Jadi mengapa stiker bisa diuangkan? Ya, karena penggemar Anda juga mendapatkan stiker ini dengan membelinya.

3. Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager

Cara ketiga adalah menjadi Manajer TikTok. Cara kerjanya, Anda mengelola akun TikTok seseorang agar lebih cepat berkembang.

Targetnya bukan hanya content creator, tapi juga brand atau perusahaan yang menggunakan TikTok untuk promosi bisnis.

  • Biasanya, tugas jasa pengelola akun meliputi:
  • Meningkatkan followers, like, jumlah tayangan video hingga engagement;
  • Mengatur strategi content marketing;
  • Mengembangkan ide kreatif konten TikTok;
  • Mengelola tawaran kerja sama, dll.

Cara ini diperuntukkan bagi mereka yang mengetahui seluk beluk dunia marketing.

Di TikTok, itu berpotensi menjadi viral dalam semalam. Untuk menghasilkan uang yang lebih baik di TikTok, sebagai manajer TikTok, Anda perlu tahu lebih banyak tentang pemasaran viral.

4. Jual Beli Akun TikTok

Jika Anda sudah mahir membangun keterlibatan dengan pengikut Anda, cara terbaik untuk menghasilkan uang di TikTok adalah dengan membeli dan menjual akun.

Um, bagaimana itu? Bagaimana Anda menghasilkan uang dari TikTok dengan strategi ini?

Konsepnya sederhana, yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Buat akun yang tertarik dengan topik tertentu;
  • Naikkan pengikut, suka, tayangan dan engagement;
  • Bangun komunitas dengan penggemar dengan tema yang sama;
  • Setelah akun bertambah besar, jual ke merek atau perusahaan di bidang yang sama.

Jadi, apakah TikTok menghasilkan uang? Bagaimana itu bisa menjadi uang?

Karena sebuah brand atau perusahaan perlu dipromosikan kepada orang-orang yang memiliki minat yang sama di bidang bisnisnya.

Sementara itu, Anda telah membangun akun lengkap dengan pengikut yang sesuai dengan kebutuhan merek Anda. Ini seperti Anda membantu merek memenuhi target pasar mereka.

Solusi win-win untuk Anda, pengikut, dan pemilik bisnis, bukan?

Pendekatan ini umum dilakukan karena masih belum banyak merek yang dapat menangani akun dari awal.

Terlebih lagi, Anda dapat membuat akun sebanyak yang Anda inginkan.

Anda dapat mencoba membangun pemasaran komunitas dan mengelola akun dengan berbagai topik atau minat. Dengan begitu, semakin banyak akun yang bisa Anda jual nantinya.

Selain itu, Anda dapat menampilkan akun yang Anda jual di situs web khusus agar terlihat lebih profesional.

5. TikTok Marketing

Pemasaran TikTok adalah untuk mereka yang memiliki merek dan ingin menjangkau konsumen melalui aplikasi ini. Cara paling ampuh untuk berpromosi di platform adalah dengan iklan TikTok.

Mirip dengan iklan Facebook atau iklan Instagram, algoritme TikTok membantu iklan Anda "dilihat" oleh target yang Anda inginkan.

Misalnya, bisnis Anda di bidang memasak kemudian menampilkan iklan kepada pengguna yang memiliki minat yang sama.

Ini terjadi karena TikTok mencatat semua riwayat tampilan pengguna untuk memberikan iklan yang lebih dipersonalisasi.

Selain menargetkan audiens yang tepat, algoritme TikTok melakukan pemasaran ulang secara teratur. Oleh karena itu, iklan Anda akan ditampilkan kepada audiens yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan iklan Anda.

Pendekatan ini membuat audiens Anda lebih mengenal merek Anda dan tertarik untuk membeli produk yang Anda iklankan.

Nah, Anda dapat mengikuti panduan lengkap kami untuk iklan TikTok. Siap untuk melakukan banyak iklan?

6. Agensi Influencer

Agensi influencer adalah cara untuk menghubungkan merek yang ingin beriklan dengan influencer TikTok.

Seringkali agensi-agensi ini beralih dari perjanjian periklanan ke perantara, koordinator, hingga manajemen. Misalnya, menemukan influencer yang tepat, mengelola konsep periklanan, mengelola kolaborasi.

Faktanya, TikTok sudah memiliki platform khusus untuk pasar kreator. Ada fitur khusus yang digunakan oleh influencer.

Namun biasanya biaya yang dikeluarkan cukup besar. Karena harus dibagikan dengan influencer, pembuatan konten, dan komisi TikTok sendiri.

Nah, di sinilah Anda bisa memanfaatkan peluang dengan menawarkan harga yang relatif lebih terjangkau dari yang ditawarkan TikTok.

Metode ini cocok untuk mereka yang memiliki keahlian dalam pemasaran konten dan pemasaran video. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan membuka lembaga berpengaruh ini.

Info menarik: influencer agency masih sangat jarang di Indonesia lho! Karena banyaknya pengguna TikTok di Indonesia, peluangnya tetap besar.

7. TikTok Influencer

Salah satu cara paling populer untuk menghasilkan uang dari TikTok adalah menjadi seorang influencer.

Selain popularitas, influencer TikTok dapat menghasilkan uang dengan beberapa cara, seperti:

  • Sponsored content post.
  • Brand ambassador.
  • Marketing afiliasi.
  • Endorsement, dan lainnya.

Tentu saja, menjadi seorang influencer TikTok membutuhkan banyak strategi. Misalnya, seperti yang dilakukan Khaby Lame.

Dengan ide konten yang kreatif, ekspresi yang menyenangkan, dan tentu saja konsistensi, Khabe Lame yang pernah menjadi TikToker telah menjadi influencer dengan 90,2 juta pengikut!

Sebagai seorang influencer, Khaby Lame juga berhasil mendapatkan $2,7 juta dari TikTok.

bagaimana? Cara menghasilkan uang di TikTok luar biasa, bukan?

8. Promosi Musik

Bagi mereka yang berkecimpung di industri musik, TikTok bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghasilkan uang. Karena sebagian besar konten di TikTok dapat disertai dengan musik tertentu,

Pernahkah Anda mendengar lagu To The Bone oleh Pamonkas? Lagu tersebut merupakan contoh promosi musik yang viral melalui TikTok.

Lagu tersebut menjadi terkenal karena digunakan di banyak video TikTok. Efek lainnya, lagu tersebut telah diputar sebanyak 1,9 juta kali di Spotify!

Nah, ide cara menghasilkan uang dari TikTok ini juga keren!

9. Mengarahkan Traffic ke Platform Lain

Apakah Anda seorang pembuat konten di luar TikTok? Jadi mengapa tidak mencoba TikTok untuk mempromosikan konten Anda?

Plus, metodenya sesederhana menautkan ke konten di platform lain seperti Instagram dan YouTube. Dengan cara ini, lebih banyak orang akan mengunjungi platform Anda yang lain setelah melihat video TikTok Anda.

Bisa juga website atau blog Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menambahkan tautan ke bio TikTok Anda yang mengarahkan Anda ke situs web yang menjadi sumber penghasilan Anda.

Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan lalu lintas dari audiens TikTok Anda. Secara tidak langsung, strategi ini juga merupakan cara menghasilkan uang dari TikTok bukan?

Tips Monetisasi TikTok

Sekarang setelah Anda tahu cara menghasilkan uang dari TikTok, berikut adalah beberapa tips untuk membuat proses monetisasi Anda lebih lancar dan lebih optimal.

1. Tetapkan Niche Akun

Akun TikTok berdampak besar pada pendapatan Anda. Apalagi jika Anda menggunakan metode penerbitan konten bersponsor, layanan pengelolaan akun, dan akun jual beli.

Dengan menentukan niche atau tema akun, Anda dapat mengoptimalkan akun Anda secara lebih spesifik. Misalnya, memasak, teknologi, dll.

Terdapat beberapa cara agar niche akun lebih spesifik, yaitu:

  • Tulis minat di bio profil;
  • Tonton video dengan niche yang sama di pencarian topik;
  • Saling follow dengan user di topik yang sama;
  • Buat video seputar topik yang diinginkan;
  • Gunakan hashtag yang sesuai;
  • Lakukan challenge viral yang disesuaikan dengan topik Anda.

Mengapa niche akun penting?

Jika Anda menekuni satu niche, peluang untuk masuk ke FYP akan lebih besar dan Anda akan dapat menangkap prospek yang Anda butuhkan.

Masuk ke FYP lebih sulit daripada topik yang terlalu umum. Ada juga beberapa tampilan halaman dan tidak banyak prospek.

2. Setting Target

Setelah menentukan niche akun Anda, saatnya untuk menetapkan tujuan pendapatan.

Caranya, kamu bisa menggunakan kalkulator mata uang TikTok yang tersebar di internet. Contohnya adalah TikTok Money Calculator dari Influencer Marketing Hub.

Ini juga berlaku untuk TikToker dan influencer.

Jika Anda seorang TikToker, Anda dapat menggunakan kalkulator mata uang ini untuk membantu menentukan kisaran harga endorsement Anda.

Jika Anda adalah agensi influencer, kalkulator uang dapat membantu Anda memperkirakan biaya dukungan TikToker.

Semua ini akan menghasilkan persentase keterlibatan akun Anda dan taksiran penghasilan dari TikTok. Ini adalah salah satu poin apakah TikTok menghasilkan uang atau tidak.

3. Optimasi Konten Agar Masuk FYP

FYP atau Halaman Untuk Anda adalah konten yang direkomendasikan di halaman beranda saat pengguna pertama kali membuka aplikasi.

Manfaat menempatkan video di FYP adalah konten Anda dapat dilihat oleh banyak orang, sehingga suka dan tampilan akan meningkat.

Tetapi untuk masuk FYP, Anda perlu menerapkan tips berikut:

Buat konten yang sedang tren. Karena FYP muncul secara otomatis berdasarkan popularitas atau tren. Anda dapat mengemas video populer dengan konten khusus, mengeditnya sesuai dengan karakteristik Anda, dll.;

Tulis judul yang benar. Biarkan TikTok "melihat" konten Anda berdasarkan tren atau kata kunci. Buat subtitel semenarik dan semenarik mungkin dengan audiens Anda. Misalnya berupa pertanyaan atau tantangan;

Gunakan lagu yang sedang populer. Meskipun video pendek kurang dari satu menit, ini adalah cara termudah untuk menjadi viral. Anda hanya perlu menggunakan lagu yang sesuai dengan konten;

Gunakan hashtag yang sesuai. Tagar membantu Anda menemukan video dengan mudah di fungsi pencarian. Anda juga dapat menyertakan tagar #foryoupage #FYP atau #foryou sehingga sistem algoritme TikTok dapat mendeteksi konten Anda;

Buat konten yang membuat audiens Anda terus menonton. Ini bisa meningkatkan peringkat video Anda dan masuk ke FYP. Misalnya, video step-by-step, tutorial, duet atau kolaborasi dengan kreator lain, dll.;

interaktif. Mengomentari, menyukai, dan mengikuti konten yang dimasukkan ke FYP adalah langkah pertama interaksi. Ini menciptakan komunikasi dengan pengguna lain, menghasilkan keterlibatan yang kuat di akun Anda.

4. Meningkatkan Followers

Hal terpenting untuk monetisasi TikTok yang sukses adalah pengikut yang bertambah.

Namun, membeli pengikut bukanlah jawabannya (Anda ingin menghasilkan uang, bukan membuang-buang uang).

Karena Anda belum tentu mendapatkan engagement rate yang sesuai dengan jumlah followers.

Nah, solusi cara menghasilkan uang dari TikTok adalah dengan mendapatkan followers organik di TikTok. caranya adalah:

Temukan konten khusus. Tujuannya adalah untuk menarik dan mengumpulkan pengikut dengan minat yang sama dan spesifik. sehingga dapat menerima informasi yang bersifat komersial, seperti posting konten bersponsor, dll.;

Unggah video lucu. Edit video Anda sebelum memposting. Misalnya dengan menambahkan klip lagu, thumbnail video, subtitle, kualitas video, transisi video yang rapi, dll.;

Konsisten atau terencana. Tren TikTok selalu berubah, mencoba hal baru dan selalu mengikuti tren. Dan buat konten TikTok secara rutin, katakanlah 3 kali sehari, maka viewernya juga akan meningkat;

Pengoptimalan profil TikTok. Saat seseorang tertarik melihat konten Anda, pengguna tersebut mungkin telah mengunjungi profil Anda. Oleh karena itu, harap lengkapi profil Anda dengan foto, nama asli, nama pengguna yang mudah diketik/dibaca, dan biodata yang cukup menggambarkan diri Anda;

Ambil tantangan virus. Ada banyak tantangan viral di TikTok. Karena viral maka akan banyak persaingan, jadi kamu bisa mengikuti tantangan viral untuk bereksperimen sesuai dengan karakteristikmu;

Berkolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya. TikTok memiliki fitur splicing sehingga Anda dapat berduet dengan konten TikTok lainnya. Melakukan hal itu akan menjaga konten Anda tidak monoton dan meningkatkan keterlibatan dengan pengguna lain;

Unggah konten Anda ke media sosial lain. Di Instagram, banyak sekali konten TikTok yang beredar. Anda juga dapat membagikan atau memposting ulang konten TikTok di Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya;

Unggah selama jam tayang utama. Jika tidak banyak tampilan, konten Anda akan sia-sia. Salah satu kesalahan paling umum adalah mengunggah di luar jam tayang utama. Di Indonesia sendiri prime time adalah waktu makan siang dan waktu tidur.

Siap Dapat Uang dari TikTok?

Setiap platform media sosial sebenarnya memaksimalkan pendapatan. Begitu juga dengan TikTok, kurang lebih sama.

Anda sudah mengetahui sembilan cara menghasilkan uang di TikTok, yaitu pemasaran TikTok, agensi influencer, postingan konten bersponsor, donasi, layanan pengelolaan akun, dan transaksi akun.

Bahkan di sini, Anda tahu cara memonetisasi akun Anda, yaitu cara menghasilkan uang di TikTok agar lebih stabil. Misalnya, mengidentifikasi niche akun, menetapkan tujuan, mengoptimalkan konten, dan menumbuhkan pengikut.

Nah, langkah Anda selanjutnya adalah menentukan. Seberapa besar pengaruh yang ingin Anda miliki di TikTok?