6 Ide Jualan Makanan Kekinian dan Strategi Jualannya!

Selain menjadi bagian dari kebutuhan pokok hidup, makanan kekinian juga menjadi bagian dari pembahasan gaya hidup.

Selain menjadi bagian dari kebutuhan pokok hidup, makanan kekinian juga menjadi bagian dari pembahasan gaya hidup. Banyak orang yang tertarik untuk memasuki industri makanan kekinian. Anda dapat menjelajahi banyak ide penjualan makanan kekinian.

6 Ide Jualan Makanan Kekinian dan Strategi Jualannya!

Dari statistik Statista Juli 2021, peluang bisnis makanan diperkirakan akan meningkat 10,79% pada tahun 2025. Anda dapat menemukan ide dan gagasan di hampir setiap kategori makanan.

Rekomendasi Jualan Makanan Kekinian yang Laris

Jadi, untuk kenyamanan Anda, kami telah menyiapkan beberapa ide jualan makanan kekinian berdasarkan jenis kategori untuk Anda coba. Perhatikan baik-baik dan siapa tahu salah satu dari ini akan cocok dengan keahlian Anda!

Makanan Tradisional Indonesia

Makanan tradisional di Indonesia beragam, mulai dari makanan berat hingga makanan penutup. Belum lagi jajanan pasar yang biasa dikenal dengan jajanan pasar atau makanan jadul.

Apakah Anda ingat bagaimana kreativitas mengubah klepon dan menjualnya sebagai kue? Begitu juga untuk kue nastar yang banyak diperhatikan orang di seluruh Indonesia? Juga mencegah munculnya berbagai rasa kue modern.

Dengan sedikit inovasi, jajanan tradisional atau jajanan jadul Indonesia mungkin bisa menjadi ide bisnis makanan modern untuk Anda. Berikut adalah beberapa ide untuk menjual makanan modern yang dijual setiap hari:

1. Kreasi Jajanan Klepon

Jajanan tradisional ini dibuat dari tepung ketan, dilumuri gula merah, dimasak hingga matang lalu ditutup dengan parutan daging kelapa.

Dari klepon jadul, klepon bisa diinovasi dengan isian lain, mulai dari mozzarella yang asin dan kenyal hingga selai buah atau selai rasa penasaran yang kekinian.

Selain itu, ternyata klepon juga bisa dimodifikasi menjadi bentuk donat, atau jika ingin memadukannya dengan gaya barat, buat resep untuk membuatnya menjadi kue klepon Lammington.

Sehingga jajanan klepon yang dibuat bisa menjadi ide untuk berjualan makanan modern yang sedang laris.

2. Rangin Waffle

Salah satu peserta proyek Master Chef Indonesia, Olivia Tommy, melalui channel Youtube-nya juga muncul dengan ide gastronomi kontemporer, inovasi kue Rangin. Kue Ranren, juga dikenal sebagai Kue Pan Cong di berbagai tempat.

Di luar kreativitasnya, Olivia bereksperimen dengan bentuk kue rangin menjadi kue wafel rangin, lalu diberi topping sesuai selera.

Selain proses memasak dan bahan yang sederhana, rasanya akan membangkitkan kenangan, tetapi dengan topping pasti akan memberikan nuansa baru yang unik.

3. Ide Jualan Wingo Babat Kekinian

Satu lagi kue tradisional yang bisa disulap menjadi kue modern oleh santri Pondok Pesantren Darul Fiqh Lamongan.

Ide pembuatan wingko belly dengan dua model, wingko stuffing dan topping wingko, menjadi inspirasi dan berhasil meraih juara pertama dalam Lomba Inovasi Usaha Santri Hari Santri Nasional 2021 yang diselenggarakan oleh OPOP Jatim.

Siapa sangka jajanan rumahan ini juga bisa dipadukan dengan berbagai isian, bahkan topping kekinian yang banyak digandrungi anak muda.

Tak ada salahnya mencoba mengembangkan ide ide merchandising makanan modern sendiri dari mahasiswa inovatif ini, khususnya dari Jawa Timur!

4. Lemper Goreng

Jajanan tradisional yang tergolong basah ini terkenal dengan isiannya dan rasa asin ketannya. Biasanya kue lemper diolah dengan cara dikukus, sehingga teksturnya kenyal dan lembut dari dalam ke luar.

Namun kini, ada muggle goreng yang konon tak kalah enaknya. Lemper goreng memiliki tekstur yang renyah di luar karena dilapisi telur dan tepung roti serta lembut di dalam.

Ciri khas lemper yang selalu disandingkan dengan ayam juga bisa diakali menjadi lebih dari sekadar ayam suwir biasa. Anda bisa menggunakan berbagai makanan khas Indonesia seperti suwiran ayam pedas, suwiran rendang atau ayam woku agar semakin unik.

Inovasi lemper goreng menjadi pelengkap jajanan khas Indonesia yang tidak lengkap rasanya tanpa gorengan.

Makanan Berat Tapi Praktis

Tidak hanya dari segi rasa dan bahan atau nama saja, produk makanan juga bisa inovatif melalui kemasannya. Beberapa makanan asing yang diadaptasi di Indonesia cukup populer, seperti rice bowl dan lontong goreng.

Nah, selain dua makanan tersebut, ada dua makanan berat kekinian yang praktis yang bisa jadi nilai jual makanan kamu saat ini di tahun 2022.

1. Ramen In A Cup

Ramen adalah makanan Jepang yang terbuat dari mie. Makanan ini berbeda dengan ramen Korea yang biasanya mie instan, seperti mie instan kemasan di Indonesia.

Ramen Jepang umumnya memiliki kuah, dan untuk konsep makanan modern, berupa ramen dalam cangkir, yang dibuat dengan bagian yang lebih kuat tetapi cukup mengenyangkan, dengan bahan-bahan, tetapi tanpa saus atau yang bisa disebut ramen kering. Ada juga varian dengan kuah yang disajikan dalam wadah cup terpisah.

Ramen-in-a-cup dikemas dalam wadah plastik bening berbentuk cangkir, seperti cangkir minuman modern, dengan mi, bumbu dan bumbu, serta dapat dimakan dengan sumpit atau garpu di dalam wadah.

Ide jualan makanan kekinian ini bisa jadi kategori cemilan di sore hari darurat kantor, atau suguhan praktis di siang hari.

2. Kreasi Taco Kekinian Cita Rasa Khas Indonesia

Makanan Meksiko klasik ini juga perlahan tapi pasti masuk ke pasar makanan kontemporer Indonesia. Ada berbagai macam inovasi taco, dan bahkan sebuah restoran sushi mencoba mengemas sushi mereka dalam bentuk taco.

Tortilla terdiri dari bungkus (wraps) berupa tortilla yang merupakan sumber karbohidrat. Tortilla sering memiliki isian protein hewani dan nabati, dan kandungan seratnya unik dan eksotis dari guacamole berbahan dasar alpukat.

Jangan takut untuk mencicipi taco di toko-toko pop besar Amerika yang telah dibuka di Indonesia.

Kemudian, gunakan kreativitas Anda sendiri untuk membuat taco dengan cita rasa khas Indonesia. Selain praktis, taco ini juga dianggap mengenyangkan yang cocok untuk dijual di kalangan pekerja.

Strategi yang Perlu Anda Perhatikan Untuk Bisnis Makanan

Ada banyak persiapan dan strategi yang perlu Anda lakukan dengan cermat sebelum Anda mulai menjual makanan modern. Ini termasuk beberapa hal berikut:

Peluang Pasar

Saat Anda akan memproduksi suatu produk, teliti peluang pasar secara menyeluruh dan ramalkan perkembangan, permintaan, dan pasokan komoditas, tidak hanya dalam waktu dekat tetapi juga dalam jangka panjang.

Meskipun makanan modern berlaku untuk hampir semua jenis pasar, termasuk jenis kelamin dan usia, Anda tetap perlu mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang potensi pasar makanan modern.

Menyebarkan virus bukanlah tujuan utama Anda menjual makanan modern, tetapi mengamankan peluang pengembangan dan pertumbuhan produk dan bisnis itu sendiri adalah langkah pertama yang penting. Sebuah produk viral belum tentu bertahan lama tanpa penelitian tentang ketersediaan barang dan permintaan atau tren jangka panjang.

Persiapkan Business Plan yang Jelas

Jika Anda berencana untuk menjual makanan modern dalam skala kecil di rumah, jangan menganggap rencana bisnis itu sepele dan tidak perlu. Rencana bisnis kecil atau modal ringan perlu dipersiapkan dengan baik, antara lain:

  • Keuangan: dari perincian dana dan penggunaannya hingga omset
  • Pekerja: Anda perlu merencanakan komponen utama untuk menangani semuanya mulai dari pra-produksi hingga produksi hingga penjualan. Jika modal usaha Anda kecil, memberdayakan diri Anda dengan semua waktu dan tenaga yang tersedia, dengan bantuan orang-orang terdekat Anda, biasanya merupakan jalan pertama yang harus diambil.
  • Menu makanan, nama dan harga: perlu disesuaikan dengan target pasar Anda dan tentunya tempat yang Anda tuju. Oleh karena itu, penting juga untuk mengingat pentingnya mengetahui pesaing bisnis Anda.

Kualitas, Inovasi dan Strategi Promosi

Jangan pernah lupa bahwa materi promosi apa pun yang keren tidak akan menipu lidah pelanggan Anda. Sebelum melakukan promosi, Anda perlu menentukan standar kualitas produk, pemasok, dan proses produksi untuk distribusi.

Selain itu, terus berusaha untuk terus berinovasi dengan menjadi yang terbaik, pertama, atau terunik agar tidak kalah dalam persaingan. Selain itu, tidak ada salahnya untuk mencoba mengembangkan ide bekerjasama dengan kompetitor untuk ikut menjual makanan kekinian guna menarik pasar yang lebih besar dan loyalis.

Strategi promosi juga memegang peranan penting dalam bisnis makanan saat ini. Sebaiknya perhatikan tren promosi yang sedang berlangsung, terutama tren promosi digital atau online. Saat ini, promosi digital sangat membantu untuk memulai, mengembangkan dan menumbuhkan semua jenis bisnis, terutama jenis bisnis katering saat ini.

Kelola Aset dengan Cerdas

Sebagai calon pengusaha, selain masalah modal dan tenaga kerja, Anda juga perlu mengetahui aset apa saja yang perlu Anda kelola. Ini termasuk aset digital berupa merek dan hak cipta yang perlu dilegalkan.

Pangsa pasar Indonesia didominasi oleh umat Islam dan sudah ada kesadaran yang tinggi terhadap produk halal, terutama makanan. Oleh karena itu, pastikan semua jenis bahan dan proses produksi yang Anda jalankan adalah halal.

Juga, mendaftarkan hak cipta atau merek produk itu penting, terutama dalam jangka panjang. Merek merupakan aset tak berwujud yang perlu Anda kelola sejak dini untuk menghindari kerugian besar di kemudian hari.

Dalam proses pengelolaan aset Anda, teliti dan temukan konsultan bersertifikat Halal yang sah dan resmi. Tidak sedikit merek atau merek yang terlambat mendaftarkan sertifikasi halal atau hak cipta, sehingga tersangkut masalah hukum.

Meskipun ada banyak jenis makanan modern dengan peluang yang luas, dua kategori di atas adalah rekomendasi dari beberapa sumber pilihan kami.

Dari segi rasa, kedua kategori tersebut dinilai sangat sesuai dengan kondisi dan kondisi sosial masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir, sejalan dengan gaya hidup yang praktis dan inspiratif, dimana cita rasa lokal dipadukan dengan cita rasa modern.

Jika salah satu kategori ide jualan makanan modern di atas telah menginspirasi Anda, kini saatnya Anda mulai melakukan riset produk dan mengumpulkan informasi peluang terperinci dan mulai menjalankan strategi Anda dari bawah ke atas untuk hasil terbaik.