Bagaimana cara menggunakan bahasa dan kata-kata promosi yang baik di media sosial seperti IG, Facebook, Whatsapp, dll untuk menarik lebih banyak pembeli? Cari tahu di bawah ini!

Promosi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan melalui penggunaan media tertentu. Ada banyak media untuk promosi, seperti surat kabar, radio, televisi, brosur, pamflet, dan yang paling banyak digunakan hingga saat ini adalah media sosial.
Di era smartphone saat ini, banyak orang lebih memilih menggunakan media sosial seperti Facebook, WhatsApp dan terutama Instagram untuk promosi produk. Selain praktis dan bisa menjangkau banyak target pasar, menggunakan Instagram untuk promosi sebenarnya bisa menghemat hampir 95% anggaran promosi Anda.
Hal ini tentunya sangat menggiurkan bagi setiap bisnis khususnya bisnis makanan, minuman dan makanan ringan yang membutuhkan perhatian lebih untuk menarik lebih banyak konsumen.
Berbicara tentang promosi makanan di Instagram dan media sosial lainnya, para pebisnis bisa menggunakan banyak tips dan trik. Apalagi dalam memilih kata dalam kalimat dan menyusun kata kata promosi makanan di Instagram, sekreatif mungkin untuk menarik minat pembeli.
Saat menyusun kalimat unik sebagai kata promosi makanan di Instagram, Facebook, WhatsApp atau media sosial lainnya, ada beberapa cara efektif yang bisa Anda tiru atau kembangkan. Di bawah ini adalah teknik dan contoh.
1. Menyelipkan Kata Atensi dalam Promosi
Saat menyusun kata-kata promosi makanan di Instagram, Anda dapat memasukkan satu atau beberapa kata atensi ke dalam kalimat promosi.
Ada banyak kata untuk atensi dalam bahasa Indonesia, misalnya awas, peringatan, hati-hati, waspadalah, dan sebagainya.
Maksud dari kata atau kalimat atensi ini adalah untuk menarik perhatian, sehingga siapapun yang membaca kata atensi tersebut secara tidak sadar akan membaca semua kalimat promosi sampai akhir.
Ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam berpromosi, terutama yang didukung oleh media foto atau video di Instagram.
Beberapa contoh kata atensi dalam promosi makanan dan minuman di Instagram adalah:
Awas, mengunyah Keripik Balado Cap Enak akan menyebabkan ketagihan, susah berhenti makan, dan membuat anda mengabaikan pacar!
Waspadalah, jus Tante Monggo ini dibuat dari 100% bahan alami tanpa pengawet dan pemanis buatan!
Hati-hati dengan Ayam Geprek Sudirman, sekali lirik auto ketagihan!
Be Careful, Es Boba Icezzz udah terjamin sebagai obat galau para jomblo ke DKI!
2. Menggunakan Kalimat Solutif (Memberikan Solusi)
Untuk mempromosikan bisnis makanan Anda, Anda juga dapat menggunakan teks kalimat pemecahan atau menawarkan solusi.
Percaya atau tidak, kalimat jualan makanan di Instagram yang solutif akan sangat berdampak pada tingkat penjualan online Anda. Karena akan langsung menuju titik masalah yang dihadapi konsumen dan memberikan solusi dari masalah tersebut.
Beberapa kumpulan kata kata promosi makanan di Instagram yang berisi kalimat solutif, misalnya,
Tersiksa karena makanan tidak enak saat diet? Cobain Mr. ABC Healthy Food, satu-satunya makanan diet dengan cita rasa resto bintang lima!
Mau makan enak yang tidak bikin kantong bolong, cobain deh aneka masakan rumahan mantap di Warung Bu Tedjo!
Anak-anak susah makan? Saatnya beralih ke katering “Bento Kids”! Kami menyediakan aneka bento karakter untuk anak-anak dengan standar makanan sehat.
Gula darah anda tinggi, saatnya beralih ke camilan rendah gula dan kaya nutrisi dari Fruit Choco.
Sekarang tidak perlu takut gemuk lagi dan tidak perlu tersiksa karena diet dengan katering Health and Fit.
Putus cinta emang bikin galau. Katakan “bye mantan” dengan sajian adem dan bikin happy di Ice Town Corner.
3. Menawarkan Value atau Nilai Tambah
Kata-kata promosi makanan di instagram juga bisa berupa kalimat yang memberikan value atau nilai tambah dari produk yang Anda jual.
Dengan menawarkan penawaran ini berupa value atau nilai tambah tentunya akan memberikan informasi tentang manfaat atau keuntungan yang sebenarnya akan mereka dapatkan dari apa yang Anda jual.
Jenis informasi ini akan dapat menarik calon pembeli yang ingin menambah nilai dari produk yang Anda jual.
Contoh kalimat promosi yang menawarkan value atau nilai tambah ada di bawah ini.
Keripik singkong cap Ketela adalah keripik singkong pertama yang bebas kolesterol karena menggunakan oven.
Sambal botol Bu Mini adalah sambal terasi yang dibuat dari cabai segar pilihan tanpa pengawet.
Katering Dapur Mamaku, menyediakan katering enak dan murah dengan layanan pesan antar yang bebas ongkir (khusus dalam kota).
Satu-satunya nasi box yang menggunakan nasi merah, lebih sehat dan lebih bergizi.
Restoran Black and Gray adalah restoran pertama yang dianugerahi five michelin star di Ubud.
4. Menarik Pelanggan dengan Diskon, Harga Khusus, atau Cashback
Promosi seperti diskon, spesial, cash back dan promosi serupa sangat sering digunakan untuk menarik pelanggan.
Karena pada kenyataannya masyarakat sangat tertarik dengan promosi tersebut. Bahkan jika mereka tidak benar-benar menginginkan atau membutuhkan produk, mereka akan terpengaruh berbelanja.
Beberapa contoh kalimat dan kata kata promosi makanan di instagram agar produk laris manis ada di bawah ini.
Promo special HUT RI, dapatkan cashback 17% setiap pembelian chicken wings di seluruh outlet kami.
Gratis ongkir khusus pengguna OVO dan GoPay.
Promo terbatas, dapatkan 1 Cheese Burger extra setiap pembelian paket Super Meal. Berlaku untuk pemegang kartu kredit BCA dan Bank Mega.
Nikmati diskon up to 50% khusus untuk 100 pembeli pertama di Mega Fried Chicken khusus untuk layanan drive thru.
Promo soft opening, dapatkan harga khusus Rp 99.000 untuk seluruh paket All You Can Eat khusus hari ini.
Paket hemat keluarga, makan ber-6 orang hanya Rp 200.000.
5. Memanfaatkan Suatu Hal yang Viral
Anda juga dapat meningkatkan penjualan makanan di Instagram dengan memanfaatkan apa yang sedang tren saat ini.
Hal yang viral ini bisa menjadi acara atau acara yang sangat populer, atau Anda bisa meniru makanan yang sedang tren dan menjualnya untuk nilai tambah.
Misalnya memanfaatkan momen viral sebagai headline promosi makanan yang lucu, beberapa contoh kata kata promosi makanan di instagram ada di bawah ini.
Roti goreng Mang Asep, rasanya seperti Aquaman, yang lain mah lewat!
Baru, Es Kopi Jessica Kumalasari, kini lebih enak tanpa sianida.
Cobain yuk Seblak Bu Susi, yang tidak mampir siap-siap tenggelamkan!
Pangsit goreng viral dengan kualitas dan rasa yang sama kini bisa anda pesan via GoJek.
6. Menampilkan Testimoni atau Rating dari Pelanggan
Jika Anda masih bingung menulis kalimat yang menarik untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda, cara terakhir adalah dengan menyertakan testimoni pelanggan Anda.
Cara ini bisa sangat efektif dalam menarik banyak pelanggan karena sudah dicoba oleh orang yang memberikan testimoni atau penilaian. Sehingga orang yang belum mencobanya akan tertarik untuk membelinya tanpa khawatir akan ketidakpuasan.
Contoh kata promosi makanan terkait testimoni atau review pelanggan di instagram adalah sebagai berikut.
“Ayamnya sangat empuk dan sambalnya super mantap” – Ibu Nani di Jambi.
“Masakan kaki lima dengan kualitas bintang lima. Recommended” – Bambang dari Bojonegoro.
Restoran Masakan Sunda pertama yang mendapatkan pujian dari Chef Renatta.
Satu-satunya warung sate menjadi langganan Presiden Megawati, SBY, hingga Jokowi.
“Saya sampai nggak nyangka bisa mendapat harga semurah ini dengan kualitas yang sangat wow. Rate 9/10 dari saya” – Ibu Ajeng (Jakarta).
Kata-kata promosi di media sosial di atas tidak baku. Anda bisa meniru atau mengembangkannya sekreatif mungkin. Lalu bagaimana jika bukan makanan, seperti minuman, pakaian, produk kecantikan, dll? Pelajari berbagai kata promosi menyenangkan lainnya untuk membantu meningkatkan penjualan produk Anda.