Tugas dan Tanggung Jawab Admin Support

Admin Support adalah seseorang yang memiliki tugas untuk membantu semua aspek administrasi, memelihara dan mengelola inventaris aset dan persediaan ba

Admin Support merupakan pekerjaan yang tidak dapat dipisahkan dari kelangsungan kegiatan manajemen perusahaan. Dia berperan penting dalam mendukung semua kebutuhan perusahaan lainnya. Inilah sebabnya mengapa tidak jarang perusahaan membuka banyak posisi untuk posisi admin support.

Apa itu admin support?

Admin Support adalah seseorang yang memiliki tugas untuk membantu semua aspek administrasi, memelihara dan mengelola inventaris aset dan persediaan barang, mengirim dan menerima email, membuat laporan, dan memberikan dukungan kepada karyawan yang membutuhkan.

Tugas admin support adalah untuk memastikan bahwa semua kegiatan tata kelola perusahaan berjalan dengan lancar. Admin Support memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab, seperti yang tercantum di bawah ini.

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Support

Adapun tugas dan tanggung jawab sebagai admin support adalah sebagai berikut:

  • Memberikan dukungan untuk semua aspek administrasi
  • Lakukan pemeliharaan katalog, logistik, inventaris dan penyimpanan peralatan
  • Dukungan dalam manajemen dan inventaris inventaris aset
  • Pantau sumber pemasok
  • Berkoordinasi dengan unit operasi untuk menyelesaikan masalah administrasi dan kegiatan operasional sehari-hari
  • Mengatur dan mengkoordinasikan pertemuan, wawancara, acara dan kegiatan serupa lainnya
  • Mengirim dan menerima email
  • Mempersiapkan korespondensi bisnis
  • Mengisi fak
  • Mengelola file
  • Meneliti dan mengidentifikasi sumber data kunci
  • Melakukan pemesanan dan menerima pengiriman makanan
  • Memberikan support kepada karyawan yang membutuhkan
  • Mempersiapkan menit pertemuan, catatan rapat dan bahan dukungan internal
  • Mengirim dan menerima formulir untuk perusahaan
  • Membuat dan merekap laporan penjualan
  • Melakukan pekerjaan admin support lainnya
  • Melakukan rekap daftar promo harian

1. Memberi Support Manajemen

Di antara tanggung jawabnya, admin Support harus dapat mendukung semua aspek administrasi. Biasanya, dukungan admin support akan membantu masalah kesekretariatan dan administrasi.

2. Mengecek Persediaan Logistik

Jika tidak ada dukungan pasokan logistik yang memadai, kegiatan perusahaan dipastikan tidak akan berjalan lancar. Sebagai admin support, bertanggung jawab untuk mengecek apakah persediaan logistik masih mencukupi. Admin support juga harus memelihara direktori logistik yang ada.

3. Melakukan Pemetaan Sumber Pemasok

Pekerjaan dukungan manajemen juga melibatkan pihak di luar perusahaan. Di mana Anda harus melakukan pemetaan pemasok yang digunakan perusahaan Anda. Ini adalah bagian dari misi untuk mendukung manajemen aset dan inventaris.

Anda harus tahu di mana barang tersebut dipasok dan bagaimana kualitasnya. Jika kualitasnya buruk atau harganya terlalu tinggi, Anda dapat mengusulkan kepada atasan Anda untuk beralih pemasok.

4. Menjadwalkan dan Mengkoordinasi Pertemuan

Mengatur jadwal rapat dan mengoordinasikan rapat di berbagai departemen perusahaan adalah tugas dukungan manajemen. Ini adalah bagian dari membuat agenda kantor. Seringkali Anda akan berkoordinasi dengan unit operasi atau unit lain sebelum menjadwalkan pertemuan.

4. Menjadwalkan dan Mengkoordinasi Pertemuan

Sebagai admin support, pekerjaan Anda tidak lepas dari komunikasi dan aktivitas terkait administrasi lainnya. Contohnya termasuk menyiapkan korespondensi bisnis, mengelola dokumen, membuat dan meninjau penjualan, entri data, dll.

Persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Admin Support

  • Memiliki riwayat pendidikan D3 jurusan akuntansi
  • Memiliki pengalaman menjadi seorang admin support
  • Bisa menggunakan bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan
  • Bisa menggunakan Microsoft Office minimal Microsoft Word dan Excel
  • Memahami pembukuan ringan
  • Bisa menyusun dan mengorganisasikan dokumen
  • Bisa tampil menarik
  • Bisa bekerja sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan
  • Bisa melakukan komunikasi dengan baik
  • Bisa berkembang di jabatan selain admin support

Demikian informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab Admin Support. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab Manager Pembelian