Perbedaan Merchandiser (MD) dengan Sales Promotion Girl (SPG)

Sales dan Merchandiser (MD) adalah dua istilah yang sering kita dengar di dunia pemasaran. Untuk memahami perbedaan keduanya, mari simak ulasan ini

Sales dan Merchandiser (MD) adalah dua istilah yang sering kita dengar di dunia pemasaran. Dan, jika mengacu pada pemasaran offline seperti toko atau supermarket, kedua kata di atas tentu tidak jarang disebutkan.

Perbedaan Merchandiser (MD) dengan Sales Promotion Girl (SPG)

Menariknya, masih banyak orang yang masih bingung dengan persamaan dan perbedaan antara sales dan md. Bahkan, tidak jarang orang salah kaprah atau bingung antara sales dan md.

Perbedaan Sales dan Merchandiser (MD) :

Untuk mempermudah atau memahami persamaan dan perbedaan keduanya, mari kita simak ulasan berikut ini:

Sales adalah seseorang yang ditugaskan untuk mencapai tujuan penjualan tertentu. Ini berarti bahwa mereka berorientasi pada hasil atau sejumlah besar data dalam bentuk transaksi produk. Sedangkan MD adalah orang yang ditugaskan untuk memastikan bahwa produk yang ditanganinya tersedia dan terlihat (orang dapat melihatnya atau mengambilnya).

Sales memiliki kategori toko atau pelanggan yang lebih beragam. Itu bisa berupa toko tradisional dengan pemasaran modern ke perorangan. Namun, MD lebih fokus pada perdagangan modern seperti supermarket atau minimarket. Alasan utamanya adalah kategori toko memiliki sistem tampilan produk standar, dan jika produk kosong atau kehabisan stok, potensi penjualan akan turun.

Deskripsi pekerjaan untuk sales lebih kompleks dalam hal tugas utama, mereka harus dapat menemukan pembeli sasaran, membuat penawaran, dan membuat kesepakatan untuk memastikan produk terkirim dengan benar. Pada saat yang sama, MD berfokus pada bagaimana membuat produk yang masuk ke toko mudah dilihat dan menarik perhatian orang.

Dalam struktur organisasi yang lebih besar, tim sales dan pemasaran seringkali terpisah. Alasannya sederhana, keduanya dianggap memiliki orientasi tujuan masing-masing. Tim sales berorientasi pada penjualan, dan tim pemasaran berorientasi pada merek dan pangsa pemasaran. Secara teknis, tim sales mewakili dealer dan tim pemasaran mewakili merchandiser.

Ada perbedaan yang cukup besar dalam sales dan MD dalam jumlah toko yang diproses secara teratur. Karena banyak orang beranggapan bahwa pekerjaan utama MD tidak serumit salesman, implikasinya adalah jumlah toko yang harus ditangani otomatis bertambah.

Salesman dapat menangani banyak merek atau prinsip. Sedangkan MD kebanyakan hanya ditugaskan pada satu prinsip.

Persamaan Sales dengan MD atau Merchandiser:

  • Baik salesman maupun MD berorientasi pada bagaimana toko atau supermarket akan memenuhi kebutuhan barang dagangan mereka.
  • Sales dan MD harus siap menerima segala keluhan atau tanggapan dari pelanggan mengenai produk yang harus mereka tangani.
  • Posisi ini dapat ditukar atau digabungkan jika diinginkan, karena peran keduanya cenderung digabungkan pada tingkat yang lebih rendah.

Demikian ulasan mengenai persamaan dan perbedaan antara sales dan md. Dalam praktiknya, kemungkinan akan diubah atau dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan organisasi tim penjualan dan pemasaran. semoga bermanfaat