Tugas dan Tanggung Jawab Manager Pembelian

Manajer pembelian adalah orang yang bertanggung jawab untuk memantau dan memeriksa kegiatan pembelian, membuat dan memperbarui laporan hasil pemantaua
Tugas dan Tanggung Jawab Manager Pembelian

Manajer pembelian adalah orang yang bertanggung jawab untuk memantau dan memeriksa kegiatan pembelian, membuat dan memperbarui laporan hasil pemantauan, menegosiasikan harga dengan pemasok, membantu mencari barang dan bertanggung jawab atas semua kegiatan yang dilakukan oleh tim pembelian.

Baca Juga : Shopkeeper Adalah: Tugas dan Tanggung Jawab Shopkeeper

Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas dan tanggung jawab Manajer Pembelian adalah sebagai berikut:

  • Manajer pembelian ditugaskan untuk memeriksa dan memantau pengeluaran dan pembelian barang
  • Mereka juga akan memantau pembelian RFQ di kantor pusat dan cabang
  • Buat dan perbarui laporan pemantauan
  • Negosiasikan harga/kecepatan dengan pemasok
  • Melayani setiap klaim atau pengembalian pelanggan
  • Tindak lanjuti dengan Keuangan pada pembelian atau tanggal jatuh tempo yang telah atau telah terlewatkan
  • Membantu menemukan pertanyaan dalam keadaan darurat
  • Jika ada pesanan pembelian instalasi, mohon jadwalkan PIC pemasok dengan tim pemasaran
  • Melakukan survei pemasok dan pelanggan bila diperlukan
  • Menghasilkan laporan persediaan dan laporan pembelian bulanan
  • Bertanggung jawab atas semua kegiatan yang dilakukan oleh tim pengadaan
  • Perkiraan tingkat permintaan produksi
  • Periksa level item inventaris setiap hari
  • Lakukan penelitian untuk memastikan produk dari pemasok terbaik dalam hal nilai, jadwal, pengiriman, dan kualitas
  • Mereka juga akan bertindak sebagai penghubung antara pemasok, produsen, departemen internal yang relevan, dan pelanggan di masa mendatang
  • Membangun dan memelihara hubungan baik dengan pemasok baru dan yang sudah ada
  • Siapkan dokumen kontrak dan gunakan sebagai referensi jika diperlukan
  • Mereka juga akan bertanggung jawab untuk memperkirakan tren harga dan dampaknya terhadap aktivitas di masa mendatang
  • Kemungkinan untuk melakukan presentasi analisis pasar dan pertumbuhan pasar
  • Kembangkan strategi pembelian
  • Hasilkan data laporan pembelian dan statistik pembelian
  • Mengevaluasi dan membuat rekomendasi berdasarkan faktor komersial dan teknis
  • Menghadiri pertemuan dan konferensi perdagangan

Persyaratan untuk menjadi Manajer Pembelian

  • Usia maksimal 40
  • Riwayat pendidikan minimal S1 semua jurusan
  • Setidaknya 3 tahun pengalaman kerja sebagai manajer pembelian
  • Pengalaman dalam pengadaan barang
  • Memiliki kendaraan pribadi
  • Memiliki SIM, minimal SIM C
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mudah memahami apa yang disampaikan
  • Memiliki jiwa kepemimpinan
  • Tempat tinggal berdasarkan lokasi kerja
  • Disiplin kerja
  • Dapat menggunakan bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan
  • Memiliki kemampuan analisis yang kuat

Demikian informasi tentang tugas dan tanggung jawab manajer pembelian. Semoga informasi ini bermanfaat.