Cara Cek No Referensi BRI dengan Mudah

Nomor referensi adalah nomor unik yang harus dibuat oleh nasabah untuk dirinya sendiri sebagai tanda bahwa nasabah sedang bertransaksi.

Saat ingin melakukan transfer, Anda dimintai nomor referensi selain nomor rekening tujuan, bukan? Faktanya, masih banyak nasabah Bank BRI yang belum mengetahui nomor ini. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas cara cek no referensi BRI dan fungsinya.

Cara Cek No Referensi BRI dengan Mudah

Sebelum membahas cara cek no referensi BRI, apa sebenarnya nomor referensi BRI?

Nomor referensi BRI merupakan kode unik yang dibuat oleh nasabah sebagai bukti bahwa nasabah telah melakukan transaksi. Anda dapat menemukan nomor referensi Anda saat mentransfer uang melalui aplikasi BRImo, ATM atau perbankan online.

Karena nomor referensi bersifat opsional, banyak nasabah yang tidak menggunakan layanan ini saat bertransaksi, padahal nomor referensi BRI ini memiliki fungsi yang cukup penting.

Lalu apa fungsi nomor referensi BRI?

Seperti disebutkan di atas, nomor referensi BRI berfungsi sebagai indikator bahwa Anda telah menyelesaikan transaksi. Selain itu, nomor referensi dapat memberikan perlindungan tambahan.

Misalnya, ketika Anda melakukan transaksi dan Anda tidak sengaja kehilangan struk, Anda dapat meminta Bank BRI untuk melacak transaksi yang telah selesai.

Berdasarkan nomor referensi yang Anda berikan kepada Bank BRI, bank akan memberikan rincian transaksi yang telah dilakukan.

Sekarang setelah Anda mengetahui untuk apa nomor referensi, lalu bagaimana cara cek nomor referensi BRI?

Cara Cek Nomor Referensi BRI pada Pihak Bank

Cara cek nomor referensi BRI sebenarnya sangat sederhana, Anda hanya perlu memberikan nomor referensi yang Anda miliki. Tentunya sebelumnya Anda harus membuat nomor referensi melalui bank BRI terdekat.

Nomor referensi ini memang dibuat oleh nasabah sendiri. Berikut cara cek nomornya.

  • Datang ke kantor cabang BRI terdekat.
  • Ambil nomor antrian untuk bertemu dengan CS
  • Berikan nomor referensi yang Anda miliki ke CS
  • Selanjutnya bank akan mengecek nomor yang diberikan tadi
  • Waktu pengerjaan tidak lama, harap bersabar
  • Setelah verifikasi selesai, CS akan memberitahukan detail transaksi sesuai dengan nomor referensi yang sebelumnya telah diberikan oleh pelanggan

Untuk mengetahui nomor referensi BRI, nasabah harus memilikinya terlebih dahulu.

Pada dasarnya suka atau tidak suka, proses pembuatannya juga sesuai keinginan nasabah dan nomornya juga suka-suka nasabah. Meski begitu, nomor referensi akan berguna dalam transaksi selanjutnya.

Nomor referensi adalah nomor unik yang harus dibuat oleh nasabah untuk dirinya sendiri sebagai tanda bahwa nasabah sedang bertransaksi. Tidak ada aturan untuk membuat nomor ini, pengirim dapat melakukannya sesuka hati, tetapi fitur ini hanya tersedia di Bank BRI.

Nah, sekarang Anda tidak tahu bagaimana cara cek nomor referensi dan fungsinya. Semoga informasi di atas menambah wawasan Anda dalam bertransaksi perbankan.