Contoh Copywriting Makanan yang Menarik

Contoh copywriting makanan yang Pertama adalah menggunakan kalimat yang ringan dan sederhana. Gunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami

Contoh copywriting makanan yang pertama, gunakan kalimat yang ringan dan sederhana.

Daripada menggunakan kiasan, perumpamaan, atau istilah yang jarang dipahami, mending gunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami.

Jika copywriting tersebut untuk produk umum dan tidak ada batasan usia tertentu, kalimat yang sederhana dan persuasif menjadi kunci untuk menjangkau semua calon pelanggan dengan lebih akurat. Contohnya:

Laper tapi mager? Pesen makan lewat GoFood gratis ongkir wilayah Surabaya, lho! Promo up to 70% gak bikin tanggal tua-mu tambah bokek1 Mau kenyang, hemat, tapi mewah? Pastinya itu semua cuma di Makanku.com!

Libatkan Target Audiens

Contoh Copywriting Makanan yang Menarik

Salah satu trik untuk membuat copywriting yang "menjual" adalah dengan melibatkan target audiens Anda.

Secara umum, makanan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dari berbagai lapisan masyarakat. Tetapi jika Anda memiliki target pasar yang lebih spesifik, Anda perlu mempertimbangkannya, ya.

Jadi apapun jenis makanan yang Anda jual, Anda harus tahu untuk siapa produk tersebut. Ini pasti akan membantu Anda membuat kalimat yang lebih persuasif. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

Yuk Millennial, cintai ususmu sejak dini dengan meminum varian susu dari Yamult. Hanya hari ini! Diskon khusus pelajar dan mahasiswa. Tunjukkan kartu pelajarmu, makan minum di Yummie cuma bayar 20rb, lho!

Gunakan Sensory Words

Sensory Words adalah kata-kata yang menggambarkan sensasi yang dapat Anda lihat, cium, cicipi, atau dengar. Khusus untuk makanan, penggunaan kosakata sensoris seperti ini bisa berdampak besar bagi pembaca.

Kata-kata sensory atau kata sifat perseptual berhubungan dengan panca indera. Indra penglihatan misalnya, dapat menggambarkan seperti apa makanan itu, bagaimana bentuk, bagaimana tampilannya, dan bagaimana penyajiannya.

Menjual makanan juga berarti menjual rasa. Jelaskan dalam kalimat seperti apa rasanya makanan itu, seperti apa teksturnya, dan seperti apa rasanya untuk menambah nafsu makan.

Eitsss, tapi bukan sekedar memberikan deskripsi makanan yang informatif, tapi harus ingat copywritingnya, jadi deskripsinya harus persuasif tentang bahan-bahannya, ya. Coba pahami beberapa contoh di bawah ini:

Coba kenikmatan “Tropical Delight Beef Burger” dengan Tumeric Yellow Bun yang cerah, saus pedas manis Habanero, potongan Beef Rasher yang renyah, irisan Nanas yang segar, ditambah lelehan keju Mozzarella dan pastinya Daging Panggang Australia asli yang super juicy gak ada tandingannya deh! Balutan Crispy Chocolate dan lelehan Belgian Sauce dari Pie Double Choco bikin kamu klepek-klepek! Rasanya ga kemanisan, aroma cokelatnya sampai ke hidung, dan krimnya meleleh di mulut, dijamin mood auto langsung naik!

Berikan Kalimat Solutif

Salah satu keterampilan copywriting adalah menunjukkan kepada audiens Anda bahwa Anda tahu apa yang mereka pikirkan, butuhkan, dan rasakan tentang masalah pribadi lainnya.

Setelah berhasil memahami, maka tawarkan produk Anda sebagai solusinya. Ingatlah untuk memposisikan diri sebagai teman yang memberikan solusi setelah memahami masalahnya.

Saat menyusun kalimat, pertimbangkan untuk menggunakan kalimat solutif. Artinya, kalimat ini dirancang untuk menjawab kebutuhan pelanggan. Ketahui kebutuhan pelanggan Anda sebelumnya sehingga Anda dapat memberikan solusi yang cepat dan tepat. Lihat beberapa contoh copywriting makanan berikut:

Bokek di tanggal tua? Tapi mau makan enak? diskon up to 60% di kedai sweetest mampu menjadi pemanis di akhir bulanmu, nih. Kerjaan menumpuk setinggi gunung? Coba istirahat dulu, deh. Nih, ada dessert spesial buat naikin mood-mu! Catering sehatqu bisa jadi solusi makan sehat nan enak untuk kamu yang super sibuk. Biskuit buah dan sayur Teh Ajeng, cara efektif untuk kamu yang enggan makan buah dan sayur secara langsung!

Cantumkan Promosi Atau Penawaran

Tidak dapat disangkal bahwa promosi atau diskon merupakan cara yang efektif untuk menarik pelanggan, ya. Siapa yang menolak diskon? Bahkan mereka yang sudah berlangganan pun berubah pikiran ketika mengetahui bahwa merek lain memiliki diskon besar-besaran untuk produk serupa, bukan?

Jadi, secara keseluruhan, semua orang pasti tertarik dengan promo yang menawarkan lebih banyak keuntungan. Termasuk ketika kamu menjalankan promosi untuk makanan kamu, bisa meningkatkan penjualan bisnis kuliner kamu lho. Lihat contoh copywriting makanan di bawah ini:

Makan Hemat Berdua, Cuma Rp30.000-an aja, lho! Jumat Berkah! Saatnya menikmati diskon 30% untuk menu frozen food idaman. Beli 2 Gratis 1, Tunggu apalagi? Buruan pilih Minuman favorit kamu deh.

Akhiri Dengan CTA Yang Tepat

Terakhir, tambahkan kalimat persuasif yang mengajak pembaca untuk memesan makanan Anda secepatnya. Apa pun copywriting yang Anda buat, coba tambahkan kalimat ajakan ke dalamnya.

Kalimat yang Anda buat harus didesain untuk mendorong pembaca melakukan tindakan, dalam hal ini memesan makanan yang Anda jual. Berikut beberapa contoh copywriting makanan:

Udah pada cobain MAKAN GRATIS di Sweetest Dessert belum? ⁣Kalau belum, cuss langsung klaim dan pakai vouchermu, hanya berlaku hari ini saja, lho! Diskon Kilat Seharian! Puas Kulineran apa aja di kedai cinta dengan diskon up to 70%. Yuk deh buruan hajar promonya!

Itu dia contoh copywriting makanan semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.