Contoh Produksi Massal

Apa saja contoh produksi massal berbagai barang dan makanan?

Apa saja contoh produksi massal berbagai barang dan makanan? Dalam kegiatan ekonomi, kegiatan produksi adalah kegiatan menghasilkan barang atau makanan dalam jumlah banyak yang siap untuk dikonsumsi. Salah satu jenis produksi adalah produksi “massal”, yang dilakukan secara terus menerus secara massal dan bermodal. Saya akan membahas materi tersebut pada kesempatan kali ini.

Produksi massal seperti proses yang terus menerus dan saling terkait. Jumlah barang atau makanan yang dihasilkan tentunya sangat banyak sehingga membutuhkan pabrik yang berkapasitas besar. Dan produk yang dihasilkan juga dikenal masyarakat

Secara teori, contoh produksi massal memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Produk bervolume tinggi, biasanya diterapkan pada produk yang harus diproduksi dalam jumlah banyak
  • Varian produk kecil karena produksi massal menghasilkan barang yang identik dan seragam.
  • Adanya alur kerja, yaitu tata letak produk berdasarkan urutan peralatan berbasis kerja
  • Membutuhkan mesin khusus (biasanya berteknologi tinggi)
  • Operator tidak selalu dibutuhkan, karena peran operator dalam proses produksi sangat kecil

Contoh Produksi Massal

Contoh Produksi Massal
Ilustrasi contoh produksi massal

Produksi massal adalah membuat produk dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan manusia yang terus meningkat. Oleh karena itu, Anda perlu memahami beberapa contoh proses produksi yang termasuk dalam jenis produksi massal, antara lain:

1. Pembuatan Keramik dan Bahan Bangunan Lainnya

Keramik dalam segala bentuk, warna dan pola selalu populer. Berbagai bentuk dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Selain keramik, semen dan bahan bangunan lainnya selalu dibutuhkan dan selalu diminati. Produksi massal keramik, semen dan bahan bangunan lainnya didasarkan pada banyak kebutuhan pelanggan saat ini yang membangun di mana-mana.

Bangunan seperti rumah tinggal, kos kosan, kantor, restoran, tempat hiburan dan tempat perbelanjaan yang membutuhkan bahan bangunan seperti keramik dan semen untuk menyelesaikan pembangunannya. Inilah sebabnya mengapa pembuatan bahan bangunan selalu terus menerus.

2. Produk Coca Cola

Merek terkenal di dunia ini adalah salah satu produk yang diproduksi secara massal. Minuman dalam segala bentuk dan varian selalu ramai dikunjungi pembeli dan peminatnya banyak. Minuman terkenal ini selalu tersedia di mana-mana dan selalu ada di setiap toko.

Produk massal Coca-Cola adalah sebanyak 1,9 miliar produk minuman per hari. Karena permintaan yang tinggi dari sekitar 200 negara di dunia. Alhasil, produksi produk Coca-Cola semakin meningkat setiap harinya. Apakah Anda suka minum coca-cola?

3. Produk Bahan Transportasi dan Otomotif

Perusahaan otomotif berupa kendaraan dan material transportasi ini merupakan produk yang diproduksi secara massal. Contoh perusahaan ini adalah Toyota. Dimana produk-produk yang berada di bawah naungan PT? Astra dari Jepang berhasil meningkatkan permintaan produknya sebesar 32% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2019, perusahaan memiliki lebih dari 8.000 karyawan. Oleh karena itu, perusahaan ini selalu memproduksi produk secara massal karena kebutuhan pengguna yang beragam.

4. Produk Handphone

Produksi ponsel di Indonesia telah berkembang pesat. Hal ini terlihat dari permintaan penggunaan ponsel di kalangan anak muda, perluasan bidang internet dan perkembangan media sosial. Ada 355,5 juta ponsel di Indonesia. IPhone adalah salah satu ponsel yang paling banyak diproduksi.

Penjualan iPhone naik 45% dari tahun lalu. Peningkatan pemasaran ini diawali dengan kemunculan model iPhone 5S. Pendapatan dari produk premium ini mencapai 91,3 miliar. Jadi perusahaan produk gadget terkenal ini semakin besar dan populer sekarang.

5. Produk Pakaian

Dengan maraknya penjual toko online, produk pakaian juga semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya ketersediaan sumber daya manusia dan oleh karena itu permintaan untuk produksi pakaian. Jadi pakaian diproduksi secara massal oleh beberapa pabrik. Produksi massal ini juga karena perkembangan penjualan online di Indonesia.

6. Pembuatan Perabotan Rumah Tangga

Rumah Anda pasti memiliki furnitur, bukan? Pembuatan perabot rumah tangga seperti alat elektronik kini semakin meningkat setiap harinya berupa peralatan dapur rice cooker, kipas angin, oven, setrika dan kompor, serta kebutuhan rumah tangga lainnya.

7. Produk Mainan

Pembuatan mainan adalah salah satu produk yang diproduksi secara massal. Mainan selalu dibutuhkan dan selalu dicari. Seperti mainan bola, karet gelang, mobil mainan, lego, dll. Mainan ini selalu dicari oleh anak-anak tingkat Playgroup, TK bahkan SD.

8. Pembuatan Buku dan Pensil

Buku, pensil dan perlengkapan sekolah lainnya merupakan kebutuhan utama anak sekolah. Pembuatan produk ini tidak pernah berhenti dan berkurang sewaktu-waktu. Selalu meningkat karena permintaan meningkat. Semakin banyak yang masuk ke sekolah, sehingga permintaan akan kebutuhan sekolah semakin meningkat

9. Pembuatan Sabun, Sampo dan Keperluan lainnya.

Perlengkapan mandi seperti sabun dan sampo merupakan produk yang terus diproduksi oleh perusahaan. Pembuatan terus menerus ini disebabkan oleh permintaan yang terus menerus dan siklus dari konsumen.

10. Pembuatan Vitamin

Produksi massal vitamin telah melonjak sejak pandemi coronavirus ke-19 setahun yang lalu. Sejak himbauan pemerintah untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan stamina setiap saat, beberapa vitamin yang beredar di pasaran pun diburu oleh masyarakat. Permintaan vitamin ini terus berlanjut hingga saat ini dan terus meningkat.

11. Pembuatan Masker dan Hand Sanitizer

Di penghujung tahun 2019, sejak dimulainya pandemi virus corona 19, perusahaan pembuatan masker sudah mulai memproduksi masker secara massal. Selain itu, beberapa orang sudah memulai usaha sendiri untuk membuat masker secara mandiri bagi konsumen yang terus membutuhkan.

Selain membuat masker, membuat hand sanitizer juga menjadi produk populer sejak tahun 2019. Beberapa laboratorium mulai memproduksi desinfektan secara massal. Hal ini dilakukan karena permintaan hand sanitizer yang terus meningkat.

12. Produk Elektronik dari Polytron

Produk Polytron meliputi TV, smartphone, sistem audio, AC, lemari es, mesin cuci, dan elektronik rumah tangga lainnya. Produk dari polytron terus tersedia di pasaran. Semua produk polytron adalah suatu keharusan bagi semua orang. Jadi selalu diproduksi massal.

13. Produksi Rokok

Produksi rokok tahun 2018 sebanyak 332,4 miliar batang. Kemudian, produksi tahun 2019 meningkat sebesar 365,5 miliar. Data ini menunjukkan bahwa produksi rokok terus meningkat setiap tahunnya.

Meningkatnya permintaan akan rokok menyebabkan produksi rokok secara massal. Permintaan masyarakat akan rokok membuat produksi rokok ini terjadi dan terus meningkat.

14. Produksi Makanan Ringan

Jajanan sekarang semakin banyak di masyarakat. Jajanan kini tersedia dalam berbagai macam bentuk dan berbagai rasa. Dengan banyaknya varian, konsumen semakin menginginkannya.

Kebiasaan jajan saat ini sedang meningkat seiring permintaan jajanan yang terus meningkat dan konsisten. Produksi massal jajanan ini memungkinkan konsumen tidak pernah kehabisan cemilan, dan cemilan selalu ada di setiap toko.

Selain harganya yang murah, peminatnya banyak, dan sudah dilakukan produksi massal, sehingga memudahkan banyak pengusaha untuk menekuni bisnis ini. Produksi massal dengan banyak penggemar dan secara konsisten menghasilkan keuntungan.

15. Produksi Minuman Kemasan

Minuman segala rasa dan bentuk yang dijual di supermarket, minimarket dan toko kini semakin diminati dan digemari. Produksi minuman berupa kopi instan, teh, jus, susu fermentasi dan minuman rasa lainnya tidak pernah berhenti. Dikarenakan animo masyarakat untuk mengkonsumsi berbagai jenis minuman instan, maka perusahaan selalu memproduksi minuman tersebut dalam jumlah yang banyak.

16. Produksi SIM CARD Seluler

Anda pasti memiliki ponsel, kan? Ponsel memerlukan jaringan seluler untuk melakukan panggilan, pesan teks, dan bahkan menjelajahi Internet. Untuk melakukan ini, Anda harus membeli SIM atau kartu kecil dan memasangnya di ponsel Anda sehingga Anda bisa mendapatkan operator jaringan Anda dari Telkomsel, XL atau Indosat nanti. Kini produksi simcard ini juga bisa tergolong massal karena diproduksi secara masal dan didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia

17. Pembangkit Listrik Tenaga Batubara

Hingga saat ini, berbagai daerah di Indonesia mengandalkan batu bara untuk pembangkit listrik. Meskipun ada beberapa pembangkit listrik terbarukan seperti hidro, angin dan matahari, batubara tetap menjadi pilihan termurah untuk pembangkit listrik. Sedangkan dalam proses pembangkitan tenaga listrik ini juga dapat digolongkan sebagai produksi massal, yaitu listrik yang dihasilkan disalurkan ke rumah-rumah penduduk melalui PLN.

Memproduksi barang dan makanan adalah kegiatan ekonomi yang menghasilkan keuntungan. Namun pada kenyataannya, banyak juga produsen yang mengalami kerugian karena kurangnya perencanaan untuk produksi massal.

Semoga dengan memahami beberapa contoh di atas dapat memberikan referensi untuk bisnis Anda. Bagi calon pengusaha sukses, jangan lupa klik tombol share di bawah ini dan bagikan artikel ini ke timeline media sosial Anda masing-masing.