Iklan display adalah: pengertian dan contoh iklannya

Iklan Display merupakan salah satu media promosi yang digunakan dalam media digital. Jenis iklan ini dinilai paling sesuai dengan tren saat ini

Iklan Display adalah salah satu media promosi yang digunakan dalam media digital. Jenis iklan ini dinilai paling sesuai dengan tren saat ini, karena sejalan dengan percepatan data dan informasi. Tapi, tahukah Anda apa itu Iklan Display? Untuk lebih jelasnya mari kita simak pengertian, manfaat, dan contoh iklan display di bawah ini.

Iklan Display

Ada banyak definisi tentang apa itu iklan display. Salah satunya menyebutkan bahwa iklan display adalah iklan yang ditampilkan di web, aplikasi atau media sosial melalui spanduk atau format iklan lainnya. Bentuk iklan dapat berupa gambar, video, audio, teks, atau kombinasinya.

Iklan display seringkali berisi link ke laman tertentu. Ketika seseorang mengklik untuk menampilkan gambar, maka secara otomatis akan melompat ke halaman yang ditetapkan oleh pembuatnya. Tujuannya bervariasi, seperti melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau menggunakan layanan. Selain itu, salah satu tujuan dari iklan display adalah untuk membangun brand awareness bagi calon pembeli.

Keuntungan menggunakan iklan display

contoh iklan display
Ilustrasi iklan display

Sebagai salah satu bentuk pemasaran di era digital, iklan display bisa memiliki banyak keuntungan, terutama jika Anda seorang penjual. Penggunaan untuk iklan display meliputi:

1. Lebih menarik

Dengan berkembangnya zaman, banyak orang yang bosan dengan model iklan yang biasa-biasa saja. Iklan display lebih menarik bagi pemirsa karena menggunakan campuran iklan dari gambar, teks hingga URL. Selain itu, banyak pembuat iklan display sekarang diberikan warna dan gambar yang serasi, penuh warna, dan menarik.

2. Iklan variatif

Iklan display tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan format. Anda hanya dapat memilih gambar dan URL, atau kombinasi gambar, teks menarik, dan URL. Ini bisa berupa iklan statis atau bahkan video pendek untuk memikat calon pembeli. Anda dapat menyesuaikan format dan gaya iklan bergambar berdasarkan tujuan pembuatan iklan Anda.

3. Pesan langsung tersampaikan

Gunakan bahasa yang singkat dan padat yang melibatkan audiens dan menunjuk langsung ke tujuan atau pesan, daripada bertele-tele. Iklan display adalah sajian dengan teks yang sangat sedikit, sehingga pesan tetap tersampaikan dan audiens tidak akan bosan untuk membacanya.

4. Jangkauan luas

Kehadiran Google Display Network (GDN) sangat menguntungkan. Sebab, Anda hanya bisa mengakses banyak website melalui akun Google Ads Anda. Selain itu, Anda telah menjalin kontak dengan pembeli potensial di luar negeri. Ketika Anda dapat membuat iklan display dan mengaturnya dengan benar, bukan tidak mungkin iklan tersebut menjangkau dunia.

5. Ketepatan penargetan

Jangkauan luas GDN juga merupakan keuntungan tambahan, karena Anda dapat menargetkan pemirsa yang tepat dan menempatkan iklan di situs Anda dengan lebih akurat. Anda dapat menargetkan berdasarkan segmen yang dipilih. Ini dapat didasarkan pada demografi atau geografi, interaksi, perilaku, bahasa, dll., atau bahkan berdasarkan siapa yang memiliki minat khusus pada audiens target yang Anda tetapkan.

Anda juga dapat menargetkan dengan mempersempit audiens Anda, sehingga Anda akan mendapatkan audiens target yang lebih akurat. Menurut penelitian, penargetan yang tepat meningkatkan pembelian audiens atas produk Anda sebesar 70%.

6. Hasil bisa dilacak dan lebih terukur

Jika Anda tidak dapat melihat kemajuan dengan iklan biasa, maka iklan display solusinya. Iklan display lebih mudah diukur, mulai dari tayangan, konversi, klik hingga cost per click atau CPC yang lebih populer. Iklan display lebih terukur dengan Google Ads, Google Analytics, dan media serupa. Jika Anda membuat beberapa iklan display untuk suatu produk, mungkin lebih terukur, iklan mana yang lebih potensial dan mengarah ke pembelian.

7. Engagement meningkat

Keterlibatan pemirsa meningkat karena iklan display menarik, dapat dijangkau, dan ditargetkan dengan baik. Misalnya suka, komentar, pesan langsung. Dengan iklan display, keterlibatan dapat meningkat hingga 60%.

8. Membangun kesadaran merek (awareness)

Salah satu manfaat dari iklan display yang diremehkan adalah dapat membantu membangun kesadaran merek di kalangan pemirsa atau calon pembeli. Iklan display dapat memungkinkan orang yang tidak pernah membutuhkan produk sebelum mengingat merek.

Dengan iklan display, Anda dapat membuat orang mengingat merek Anda, terutama saat mereka membutuhkannya. Produk dan merek Anda akan lebih dikenal. Menurut hasil penelitian, iklan display dapat membangun kesadaran hingga 1046%.

Contoh iklan display

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang contoh iklan display, Anda dapat melihat sejumlah contoh iklan display berikut ini:

1. Iklan Coca-Cola

iklan coca cola
iklan display minuman

Merek Coca-Cola sudah mendunia, tetapi Anda dapat meniru gaya mereka untuk membuat iklan yang sederhana dan jelas. Seperti yang Anda lihat, Coca-Cola mengatur ukuran font menjadi besar, sedang, dan kecil. Sehingga jelas mana yang menonjol dan mana yang akan dibaca terlebih dahulu, atau akan menjadi fokus perhatian audiens. Ditambah slogan tanda tangan perusahaan.

2. Iklan Air Asia

iklan air asia
contoh iklan display maskapai penerbangan

AirAsia hanya menampilkan rute unggulan dan fasilitas gratis yang ditawarkan, menggunakan satu warna dominan, merah khasnya, dalam iklan display.

3. Iklan Sweety pampers bayi

contoh iklan display
iklan sweety pampers

Jika masih bingung, Anda bisa meniru iklan display yang dibuat oleh pampers Sweety. Karena popok ini untuk bayi, mereka memilih tangan dan jari bayi sebagai ilustrasi untuk menggambarkan keunggulan produk mereka.

4. Iklan kuota Telkomsel

iklan telkomsel
contoh iklan display telkomsel

Berikut adalah contoh iklan display dari Telkomsel. Mereka menjadikan gambar sebagai ilustrasi untuk teks. Mereka juga menetapkan URL dalam iklan yang mengundang pemirsa untuk mengambil tindakan yang mereka inginkan dan membeli produk.

5. Iklan serum Aysi

iklan kecantikan
contoh iklan kecantikan

Mungkin mereknya tidak setenar merek di TV atau di depan toko atau mall. Nah, contoh ini untuk merek produk yang belum terlalu dikenal masyarakat umum. Cukup berikan gambaran produk dan isinya, dengan manfaat atau komposisinya. Anda juga dapat menggunakan URL atau mengundang pemirsa untuk menyiapkannya.

Di era digital seperti sekarang ini, iklan display menjadi salah satu bentuk promosi yang bagus karena dapat membidik calon konsumen yang tepat. Tidak hanya produk, Anda juga bisa mengiklankan diri sendiri jika memiliki keahlian di bidang digital.