Mengirim lamaran kerja juga bisa dilakukan melalui kantor pos. Cara mengirim lamaran lewat pos ini dapat terjamin aman dan tiba tepat waktu di alamat yang dituju.
Lantas, bagaimana cara mengirim lamaran lewat pos? Simak penjelasannya di bawah ini.
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengirim Lamaran Lewat Pos
Sebelum Anda mengetahui cara mengirim lamaran lewat pos, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menyiapkan dokumen.
Menurut halaman informasi kantor pos resmi, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mengirim lamaran lewat pos.
1. Pilih amplop yang sesuai dengan isi dokumen
Anda dapat memilih amplop yang sesuai dengan isi dokumen. Jika dokumen berisi surat berharga, Anda mungkin dapat menggunakan plastik di dalam amplop agar dokumen tetap bersih dan tidak basah saat sampai di tempat tujuan.
Sesuaikan ukuran amplop dengan dokumen yang akan dikirim. Kemudian tutup amplop agar dokumen di dalamnya tidak mudah keluar.
2. Cara penulisan alamat penerima dan pengirim
Masih ditemukan kesalahan pada penulisan alamat pengirim dan penerima saat mengirimkan berkas lamaran. Hal ini dapat mengakibatkan keterlambatan kedatangan dokumen atau bahkan pengiriman tidak terkirim ke alamat tujuan.
Berikut cara menulis alamat penerima dan pengirim yang benar pada amplop:
a. Alamat penerima
Alamat penerima dapat ditempatkan di sudut kanan depan dan bawah amplop. Alamat lengkap penerima harus mencantumkan nama lengkap penerima, nama jalan dan nomor rumah, RT/RW, kelurahan atau desa, jalan, kota/kabupaten, provinsi dan kode pos.
Terakhir, sertakan nomor telepon penerima agar dapat dihubungi oleh staf kantor pos.
b. Alamat pengirim
Alamat pengirim dapat ditempatkan di sudut kiri depan dan atas amplop. Seperti alamat penerima, alamat pengirim harus berisi informasi detail, termasuk nomor telepon pengirim.
c. Alamat penerima lamaran kerja
Umumnya perusahaan besar membuat kotak pos atau post office box (PO Box) untuk membuka lamaran kerja dan mempermudah dalam pengirimannya.
Alamat penerima PO Box juga terdapat di pojok kanan depan dan bawah amplop. Pastikan Anda juga mencantumkan kota tempat PO Box berada, seperti POBOX 8888 PEKANBARU.
3. Memilih jenis kiriman sesuai kebutuhan
Kantor pos di Indonesia memiliki beberapa metode pengiriman yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah jenis-jenis pengiriman kantor pos:
- Jenis Premium, dengan keuntungan lebih cepat dan lebih mudah dilacak. Misalnya Pos Express.
- Jenis Kilat khusus juga dapat menjadi opsi dengan manfaat mampu dilacak. Cakupannya mencakup seluruh wilayah dan kota di Indonesia.
- Ada juga pengiriman bersifat undian atau hanya surat balasan biasa.
Cara Mengirim Lamaran Lewat Pos
Inilah cara mengirim lamaran lewat pos yang dapat Anda lakukan secara langsung:
- Siapkan berkas lamaran yang akan dikirim.
- Datang ke kantor pos terdekat.
- Katakan kepada petugas bahwa kamu ingin mengirim surat lamaran kerja.
- Kamu dapat memilih jenis pengiriman sesuai kebutuhan.
- Petugas pos akan menerima berkas lamaran dan mengirimkannya.
Itu dia cara mengirim lamaran lewat pos. Semoga bermanfaat