Saat berbelanja atau mengirim secara online, sering terjadi percobaan pengiriman paket gagal karena berbagai alasan. Sebagai konsumen tentunya berharap paketnya cepat sampai, bahkan kendala pengiriman seringkali berujung pada kegagalan pengiriman yang mengecewakan.
Ketika pengiriman gagal, biasanya dijadwal ulang ke hari berikutnya. Sebagai penerima paket, Anda juga harus siap menerima kabar dan tiba di alamat pengiriman. Bisa jadi pengiriman gagal karena penerima tidak hadir.
Alasan kegagalan paket memang akan berbeda, dan kemungkinannya juga sangat besar. Sebagai konsumen, Anda harus berhati-hati dan memahami mengapa dan bagaimana cara mengatasinya. Karena bisa saja semua itu berasal dari diri Anda sendiri yang tidak merespon pesan kurir tersebut.
Pengertian Percobaan Pengiriman Paket Gagal
Percobaan pengiriman paket gagal adalah ketika kurir telah berusaha mengirimkan barang tetapi belum sampai ke penerima. Saat konsumen mengecek resi, notifikasi pengiriman tidak ditemukan. Secara alami, ini terjadi karena berbagai alasan.
Bisa jadi paket tidak sampai, tersangkut di kantor pemeriksaan, tutup pada jam kerja, penerima tidak ditemukan, atau kurir tidak mengantarkannya.
Penyebab Percobaan Pengiriman Paket Gagal
Bagi yang masih menanyakan apakah percobaan pengiriman paket gagal akan dikirim lagi, jawabannya iya dan ekspedisi akan menjadwal ulang pengiriman. Jadi paket paling sering dikirim sehari setelah jam kerja cabang dan kurir
Kenapa percobaan pengiriman paket gagal dapat terjadi? Untuk mengetahui mengapa percobaan pengiriman paket gagal, lihat pembahasan di bawah ini.
1. Percobaan Pengiriman Paket Gagal Karena Lewat Jam Operasional
Alasan paling umum adalah pengiriman tidak dapat diselesaikan karena tiba di drop point saat tutup atau setelah jam kerjanya. Paket selanjutnya akan disimpan di cabang ekspedisi untuk jadwal pengiriman keesokan harinya
Hal ini normal karena paket biasanya tiba di titik pengantaran pada sore atau bahkan malam hari. Tentu saja, kurir tidak lagi buka di malam hari, jadi Anda harus menunggu keesokan harinya agar paket Anda tiba.
2. Penerima Paket Tidak Berada Pada Alamat
Kegagalan pengiriman juga sering terjadi karena penerima tidak memiliki alamat, sehingga kurir tidak dapat mengirimkan paket. Memang terkadang ada kurir yang menitipkan paket ke tetangga, menitipkannya di depan rumah, atau bahkan melewatkan pengiriman karena tidak menemukan siapa-siapa.
Kesalahan penerima bisa menjadi penyebab gagalnya pengiriman, dan tentunya Anda harus bersiap-siap saat tracking paket ditutup. Jika ada pesan dari kurir, cek kembali notifikasi telepon.
3. Alamat Tidak Dapat Ditemukan
Selanjutnya alamat tidak bisa ditemukan, entah karena salah penulisan atau memang kesalahan input sistem. Mungkin karena alamat tidak lengkap dan paket belum terkirim, jadi coba isi semua informasi penerima.
4. Penerima Menolak Paket
Upaya pengiriman juga dapat terjadi ketika penerima menolak untuk menerima paket. Hal ini sering terjadi pada sistem COD dimana kargo dianggap tidak layak atau rusak. Dalam kasus penolakan oleh penerima, pengiriman gagal.
5. Terjadi Pengiriman Overload
Alasan lainnya adalah transportasi yang kelebihan beban dan pasar atau ekspedisi tidak dapat mengirimkan paket tepat waktu. Biasanya pada saat event-event tertentu, seperti diskon besar-besaran, hari raya, libur panjang atau akhir tahun, pengiriman terganggu. Hal ini dikarenakan petugas operator memiliki kelebihan paket dan tidak dapat mengirimkan tepat waktu.
6. Nomor Telepon Tidak Dapat Dihubungi
Nomor ponsel yang tidak aktif atau jaringan yang bermasalah juga menjadi penyebab gagalnya pengiriman. Adalah tanggung jawab kurir untuk menghubungi penerima ketika paket dikirimkan. Namun jika nomor tersebut tidak dapat dihubungi maka akan menyebabkan pengiriman gagal karena tidak ada konfirmasi.
7. Paket Diambil Sendiri
Ketika penerima mengambil paket langsung di titik pengiriman, sistem akan secara otomatis mendeteksi kegagalan pengiriman. Meski begitu, konsumen tidak akan kecewa karena bisa mendapatkan paketnya dengan cepat, meski belum waktunya.
8. Packing Bermasalah
Ketika pengirim mengemas barang tidak sesuai, itu akan mempengaruhi pengiriman. Secara umum, ekspedisi membutuhkan waktu untuk dikemas ulang dan dikirim. Atau sering terjadi bungkusan paket rusak di tengah sehingga menyebabkan pengiriman gagal.
9. Salah Kirim Paket
Kemudian sering terjadi paket yang salah dikirim ke alamat lain sehingga tidak dapat dijangkau atau pengiriman gagal. Tentu saja kurir harus mengambil paket yang salah dan mengirimkannya ke tujuan yang sebenarnya. Mungkin juga penerima telah mengubah alamat dan kurir tidak dapat menemukannya.
10. Kurir Membawa Banyak Paket
Alasan paling umum untuk upaya pengiriman paket yang gagal adalah karena kurir membawa sejumlah besar paket dan tidak dapat menyelesaikan pengiriman. Karena terlambat, paket Anda akan dibawa kembali ke kantor inspeksi keesokan harinya.
11. Perubahan Jadwal Pengiriman Paket
Cabang ekspedisi sering mengubah jadwal pengiriman paket sehingga menyebabkan pengiriman gagal. Kemudian keesokan harinya, upaya pengiriman paket gagal karena jadwal baru yang ditetapkan oleh ekspedisi.
12. Paket Hilang
Lalu alasan lain usaha pengiriman paket gagal adalah karena tersesat di tengah jalan. Kadang-kadang sebuah paket mungkin hilang dalam perjalanan, di lokasi pengiriman, cabang, pusat penyortiran, atau fasilitas logistik. Anda harus mengajukan klaim sesegera mungkin.
13. Salah Kode Pengiriman
Kemudian pengiriman mungkin gagal karena memang ada kesalahan sistem saat memasukkan kode paket. Misalnya, paket yang seharusnya menggunakan jasa kurir justru diubah menjadi paket reguler, sehingga perkiraan akan berubah.
14. Permintaan Perubahan Waktu Dari Konsumen
Percobaan pengiriman paket gagal Lazada atau marketplace lainnya seringkali disebabkan oleh permintaan konsumen yang mengubah waktu pengiriman. Biasanya, permintaan untuk mengubah jadwal dilakukan kepada kurir melalui ponsel. Status tersebut kemudian menunjukkan bahwa upaya pengiriman paket yang gagal telah dijadwalkan ulang.
15. Kendala Pengiriman Ekspedisi
Kemudian, percobaan pengiriman paket gagal oleh J&T atau ekspedisi lain mungkin karena masalah seperti bencana alam, penutupan jalan, perubahan rute, atau kejadian tak terduga lainnya. Tentu saja konsumen harus sabar menunggu paket tersebut sampai di tempat tujuan.
Cara Mengatasi Percobaan Pengiriman Paket Gagal
Ketika Anda tahu mengapa Shopee Express atau ekspedisi lain mencoba mengirimkan paket gagal, Anda dapat mengambil tindakan. Tentu pada awalnya Anda ingin memastikan bahwa masalahnya adalah karena kesalahan toko online atau ekspedisi, bukan diri Anda sendiri. Tindakan pengaduan kemudian dapat diambil untuk mengklarifikasi pengiriman.
- Pertama cek resi
- Ketika masalah berasal dari jasa pengiriman maka silahkan komplain, tanyakan posisi paket di mana.
- Gunakan bantuan live chat atau call center untuk mendapatkan informasi paket bila sumbernya dari toko online
- Setelah mengajukan keluhan, coba cari tahu informasi apa yang menempel pada paket
- Pergi ke kantor expedisi yang mengirim paket, lalu ambil sendiri, syaratnya cukup, dengan nomor resi dan KTP
- Namun, jika paket dibawa oleh kurir, harap hubungi nomor tersebut dan minta agar pengiriman diselesaikan secepatnya
Dalam hal percobaan pengiriman paket gagal oleh Sicepat atau ekspedisi lain, alasannya sama, jadi Anda akan mendapatkan gambaran. Ketika tidak sampai sesuai harapan, pelanggan berhak mengajukan komplain dan mendapatkan ganti rugi.
Namun, jika kesalahan berasal dari pelanggan itu sendiri, seperti salah memasukkan alamat, nomor ponsel atau nama, itu akan menjadi risiko Anda sendiri. Meski begitu, selama Anda memiliki nomor resi dan KTP, Anda tetap bisa mengurusnya.